Nusantara

Lurah Palmerah, Kapolsek dan Tiga Pilar Tanam Pohon di Pinggiran Kali Inspeksi Grogol

(Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Jakarta | Lurah Palmerah Muhammad Ilham dan Kapolsek Palmerah AKP Dody Abdul Rohim bersama tiga pilar menanam pohon di pinggiran Kali Inspeksi Grogol RT 08/06, Kelurahan Palmerah, Jakarta Barat, Kamis (11/1/2023).

Lurah Palmerah mengatakan hari ini pihaknya bersama Kapolsek dan tiga pilar menanam pohon sebanyak 4 pohon dengan tinggi sekitar 4 meter.

Jenis pohon tersebut yaitu pohon Flamboyan dan Spafodea.

Kegiatan ini hasil kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Kota, dan nanti rencananya akan tambahkan lagi dengan pohon jenis mahoni di titik yang berbeda.

“Kita saat ini menanam di Inspeksi Kali Grogol, dan ini atas kerjasama dengan Kapolsek dan Babinsa untuk seluruh wilayah RT, RW, dan juga LMK,” katanya.

Menurut Ilham, penanaman pohon sudah pernah dilakukan wilayah Palmerah dan hampir 200 pohon, dan ini akan terus berlanjut. Targetnya setiap hari di atas 10 pohon.

“Untuk per harinya kita menyesuaikan saja dengan titik-titik yang memang bisa ditanamkan. Sudah ada 2 sampai 3 lokasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ilham berharap dengan adanya penanaman pohon ini bisa memperbaiki paru-paru kota, sehingga warga Palmerah bisa lebih sehat lagi dengan udara yang bersih.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Perantau Asal Humbahas ini Bantu 1000 Vitamin C dan 500 liter Hand Sanitizer

Pada kesempatan yang sama, Kapolsek Palmerah, AKP Dodi Abdul Fohim menyampaikan, ini adalah program Gubernur DKI terkait dengan program penghijauan.

“Di sini kami dari TNI POLRI ingin mewujudkan program ini, untuk pengguna yang berkelanjutan. Agar Jakarta ramah lingkungan, menjadi kota mandiri,” ucapnya.

Dodi juga menambahkan, penanaman ini juga dapat menjaga dan melestarikan alam, sebab pohon sebagai resapan air yang dapat menampung banyak air.

Tentunya Kota Administrasi Jakarta Barat semakin asri, indah dan sejuk.

“Saya berharap ke depannya program penanaman pohon ini tetap dilanjutkan, siapa pun nanti gubernur terpilihnya. Yang jelas ini adalah program Nasional dan program untuk lingkungan hidup,” imbuh Dodi.

Sementara Kasi Pemerintahan Kelurahan Palmerah, Amal Fikri menjelaskan, penanaman pohon hari ini ada 2 titik, yakni dipinggir Kali Inspeksi Grogol RW 06 dan di taman DPR RW 13.

Tujuan penanaman pohon ini untuk penghijauan, dan resapan agar tidak ada genangan air.

“Semoga di wilayah Kelurahan Palmerah di sekitar pinggir kali dengan adanya pohon menjadi lebih asri, rapih, dan hijau,” terangnya. [Red]

To Top