EkBis

Forkopimko Jakbar Tinjau Kesiapan Stok Pangan di Dua Pasar Kecamatan Tambora

(Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Jakarta | Pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Barat bersama Badan Pangan Nasional meninjau Pasar Jembatan Besi, dan Pasar Jembatan Dua, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Selasa (27/12/2022).

Mereka hadir untuk mengecek harga dan ketersediaan pangan pada selama perayaan Natal dan jelang Tahun baru 2023.

Peninjauan diawali dari Pasar Jembatan Besi, Kelurahan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora.

Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, Dandim 0503/JB, Kolonel Kav I Made Maha Yudhiksa, dan Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Pasma Roye, bersama perwakilan Badan Pangan Nasional mengecek harga dan ketersediaan komoditi pangan, terutama telur ayam, daging, beras, bawang merah dan putih serta cabai.

Berdasarkan hasil pengecekan, ketersediaan pangan masih aman serta harga sejumlah komoditi pangan yang cenderung turun.

“Kita mengunjungi Pasar Jembatan Besi bersama walikota Jakarta Barat, dandim 0503/JB dan kapolres Jakarta Barat, secara prinsip ketersediaan atau stok pangan aman. Artinya, masyarakat tidak perlu panic buying,” tutur Deputi Ketersediaan dan Stabilitas Pangan Badan Pangan Nasional, I Gusti Ketut Astawa. 

Untuk harga pangan, lanjut I Gusti Ketut Astawa, harga komoditi pangan seperti telur ayam, daging, beras, bawang merah dan putih cenderung turun.

Baca Juga:  Minyak Goreng Rp 14.000 Langka, Ini Biang Keroknya

“Harga secara prinsip juga stabil. Harga telur yang semula Rp 32 ribu, saat ini turun menjadi Rp 30 ribu. Jadi ada kecenderungan turun untuk menuju stabilan harga,” tuturnya.

Meski begitu, I Gusti menemukan salah satu komoditi yakni cabai, yang mengalami kenaikan harga. Harga cabai yang semula pada kisaran Rp 40 ribu/kg, naik menjadi Rp 60 ribu/kg.

“Harga bawang putih dan merah stabil. Cabai memang agak sedikit naik. Tapi itu juga menjelang turun. Harga (cabai) naik gara-gara dipengaruhi cuaca hujan, (pandemi) covid dan sebagainya.” ujarnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko mengemukakan, harga sejumlah komoditi pangan, seperti beras, daging ayam, telur dan daging sapi, masih relatif stabil.

“Mudah-mudahan ini akan stabil terus, termasuk ketersediaan stok pangan. Tadi sudah diinformasikan dari Badan Pangan Nasional bahwa ketersediaan stok pangan masih tercukupi,” ujarnya.

Pengecekan harga dan ketersediaan komoditi pangan juga dilakukan di Pasar Jembatan Dua.

Harga sejumlah komoditi pangan, seperti telur ayam, daging, bawang, dan beras, juga relatif stabil. Hanya harga cabai yang cenderung naik, dari Rp 40 ribu/kg menjadi Rp 60 ribu/kg. [Red]

To Top