Hukum

Petugas CKTRP Kecamatan Kebon Jeruk Diminta Tegas Tindak Bangunan Tanpa IMB

(Foto: TikamPost)

VoIR Indonesia, Jakarta | Bangunan rumah tinggal berlantai 1 tanpa legalitas dokumen IMB ada di alamat jalan Salam Raya No. 5, Kelurahan Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pasalnya, di wilayah Kecamatan Kebon Jeruk, berulang kali berdiri bangunan rumah tinggal tanpa memenuhi persyaratan bangunan dan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), sehingga masyarakat menilai aparat (Sektor Dinas Citata) yang bertugas mengawasi penyelenggaraan bangunan rumah tinggal 1 lantai tanpa legalitas dokumen IMB itu melakukan pembiaran.

Terkait hali ini, diharapkan Wali Kota Jakarta Barat turut serta meninjau ke lokasi bangunan dan menindak langsung anggotanya (ASN) yang diduga kuat menghilangkan retribusi (Pendapatan Asli Daerah).

Ironisnya, tidak ada tindakan tegas dari pihak Sektor Dinas Citata Kecamatan Kebon Jeruk yang memiliki fungsi pengawasaan dan kewenangan menindak bangunan tanpa izin (IMB).

Baca Juga:  International Youth Championship Resmi Ditunda Gegara Varian Covid-19

Ketika media melakukan konfirmasi melalui WhatsApp pada Jumat (25/11/2022) kepada salah satu orang yang mengurus kegiatan tersebut diduga seorang oknum wartawan yang berinisial IQ.

“Itu buat yayasan yatim piatu. Sudah izin sana sini diurus IMB kena rencana jalan tanah abis nggak sisa. Itung itung kita bantu untuk anak yatim,” kata IQ dikutip dari media TikamPost, Sabtu (26/11/2022).

Melihat penjelasan ini, tentu sudah melanggar Perda DKI Jakarta No. 7 Tahun 2010 tentang Bangunan Gedung menegaskan bahwa setiap bangunan harus memiliki izin (IMB), serta tegas melarang pemilik bangunan melanggar garis sempadan bangunan (GSB) dan garis sepadan jalan. [Red/TikamPost]

To Top