Nusantara

Pesta Tugu Silahisabungan 2022 Dihadiri Ribuan Pomparan Raja Silahisabungan

(Foto: Sondang)

VoIR Indonesia, Silahisabungan | Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan, merupakan pesta rutin seluruh pomparan (keturunan) yang dilaksanakan setiap tahun.

Pesta partangiangan (tugu) dilakukan sejak tahun 1981 dengan bekerja sama (Sisada hasuhuton) dengan cara bergantian bolahan amak setiap tahunnya mulai dari Loho raja, Tukkir raja, Sondi raja, Butar raja, Dabariba raja, Debang raja, Batu raja, dan Tambun raja.

Untuk tahun 2022 ini, bolahan amak adalah Debang raja keturunan nomor enam dan dilaksanakan Minggu (13/11/2022) di  halaman Tugu Makam Raja Silahisabungan, Huta Silalahi Nabolak, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi.

Perayaan pesta budaya yang diadakan rutin tiap tahun ini dilaksanakan dengan saling bahu membahu di semua pomparan raja Silahisabungan yang 8 turpuk.

Pesta berlangsung tiga hari dan mengambil tema “Dan di atas semuanya itu kenakanlah kasih sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan (Kolose 3:14).”

Pesta tugu memperlihatkan beragam kegiatan adat dan tradisi budaya yang berlangsung dari tahun ke tahun dan diharapkan dapat membangun tugu hidup yang selalu menjadi acuan persaudaraan di antara semua pomparan raja Silahisabungan.

(Foto: Sondang)

Ketua Umum Panitia Pesta Partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan Bolahan Amak Debang Raja tahun 2022, Mangatas Marulitua Sidebang menyampaikan program dan kegiatan yang dilaksanakan pada pesta tahun.

Yaitu pelaksanaan adat dan budaya sesuai tradisi raja Silahisabungan, pagelaran seni budaya (pementasan drama Sagusagu Marlangan) dan juga dilakukan perbaikan situs-situs budaya di Silalahi Nabolak dan fasilitas pelayanan pengetahuan sejarah berdirinya Tugu Makam Raja Silahisabungan (Tumaras).

Selanjutnya pembangunan mual Paridian Ompung Debang Raja di Huta Sagala, serta pemberian bantuan pendidikan kepada seluruh pomparan yang berprestasi.

Mangatas juga menyampaikan rasa terimakasih kepada semua Pomparan yang hadir dan datang dari seluruh penjuru, baik yang memberikan bantuan baik moril maupun materiil dan juga pemikiran serta tenaga yang menjadikan pesta Tumaras berjalan sakral dan sukses.

Di mulai hari Jumat (11/11) dengan acara kebaktian singkat di aula HKBP dan mangurad Horbo di halaman Tumaras.

Dilanjut dengan acara ziarah ke makam Raja Silahisabungan, ulaon Hahomion dan menutup kegiatan di hari pertama dengan acara mambuat tua ni gondang.

Baca Juga:  Viral Bos Warteg Kepergok Mesum saat Istrinya Pulang Kampung

Pada hari kedua Sabtu (12/11), kembali diawali dengan kebaktian singkat, dilanjut tortor panitia pesta, tortor Hasuhoton (bolahan amak) Debang raja dohot boru dan berenya, tortor pomparan raja Silahisabungan yang tinggal di Silalahi Nabolak, Paropo, Tongging sekitarnya, dan tortor pomparan Raja Silahisabungan yang datang dari perantauan.

(Foto: Sondang)

Pada ketiga, acara puncak pada Minggu (13/11), diawali dengan parade (kirab) Pomparan raja Silahisabungan bersama Pemkab Dairi dihadiri Camat Silahisabungan Landong Napitu juga diramaikan siswa-siswi SMA Silahisabungan yang langsung didampingi kepala Sekolahnya Parlen Haloho dengan berjalan kaki dari pelataran gereja HKBP Silahisabungan ke Tumaras dengan memakai ulos Gobar (bapak) dan ulos Simakatakat (ibu).

Tiba di lokasi Tumaras lansung kebaktian dan dilanjut dengan penyampaikan sambutan-sambutan dan manortor hula hula/tulang raja Padang Batanghari, raja Nairasaon dan raja Sagala.

Lalu dilanjut dengan acara pemberian cinderamata kepada para donator, lanjut ke atraksi terbang layang di udara membawa bendera bolahan amak Debang raja, tortor dari semua yang hadir, dan menyanyikan bersama Mars Silahisabungan, penyajian drama pengasuhan oppung boru Matio Pinggan Br Padang Batanghari ke semua anak-anaknya dengan bertenun ulos yang dipentaskan siswa-siswi SMA Silahisabungan.

Selesai itu, dilanjutkan pementasan drama Poda Sagu Sagu Marlangan dari sanggar tari Desa Silalahi dan ditutup dengan penyerahan bolahan amak tahun 2023 dari Debang Raja ke Batu Raja (Pintu Batu).

Sebagai informasi, dari pembukaan pesta sampai penutupan pesta Tumaras, semua pomparan dan semua warga yang hadir di persilahkan makan secara prasmanan dan bebas waktu di dapur umum yang disediakan panitia.

Menurut informasi, tujuh ekor kerbau dipersembahkan untuk pesta Tumaran tahun 2022 ini.

Media ini memantau, untuk kebersihan lokasi, pemkab Dairi menurunkan petugas kebersihan dari dinas lingkungan hidup untuk terus membersihkan lokasi pesta, petugas lalu lintas dan parkir dari dinas perhubungan.

Sementara untuk keamanan, Polres Dairi terus berjaga dan melayani masyarakat dari pagi hingga malam hari. [Sondang]

To Top