Nusantara

Lurah Cengkareng Barat Apresiasi Siswa SMA Santo Kristoforus 2 Gotong Royong Bersihkan Sampah

Lurah Waluyo berfoto bersama pihak sekolah dan siswa (Foto: Faisal)

VoIR Indonesia, Jakarta | Lurah Cengkareng Barat Waluyo memberikan apresiasi kepada sekolah menengah atas (SMA) Santo Kristoforus 2 karena bergotong royong membersihkan sampah yang merupakan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Sebelum kegiatan belajar mengajar, ratusan siswa ini bergotong royong mengais sampah di seputar sekolah di jalan Boulevard, Taman Palem Lestari, Jumat (11/11/2022).

Didampingi guru, mereka diminta memunggut atau mengambil sampah-sampah yang ada di kawasan sepanjang jalan Boulevard Taman Palem Lestari.

“Saya selaku Lurah Cengkareng Barat mengapresiasi Kepala Sekolah SMA Santo Kristoforus 2 Taman Palem ini yang bekerjasama bergotong royong mengais sampah-sampah yang ada di sepanjang jalan Boulevard Taman Palem Lestari. Kegiatan ini sangat positif dan dapat jadi contoh untuk sekolah lain agar peduli dengan lingkungan, peduli terhadap sampah,” kata Lurah Waluyo.

Siswa SMA Santo Kristoforus 2 bergotong royong mengais dan membuang sampah di seputaran jalan Boulevard Taman Palem (Foto: Faisal)

Waluyo pun berharap kegiatan memungut sampah ini seperti ini bukan hanya hari ini saja, namun dapat dilakukan secara rutin.

Baca Juga:  Ramai Soal Mural, Sebenarnya Apa Sih Artinya!

“Kalau bisa seminggu sekali,” kata Waluyo.

Sementara menurut Kepala SMA Kristoforus 2, Aloysius Gonzaga Tri Yudianto, program P5 ini adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa.

“Hari ini, masih dalam rangka Hari Pahlawan, siswa didampingi guru melaksanakan P5 dengan cara bergotong royong. Siswa diminta berjalan kaki sepanjang jalan Boulevard Taman Palem mengais dengan mengutip sampah-sampah mengunakan sarung tangan kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik yang sudah kami siapkan,” kata Tri Yudianto kepada awak media.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Lurah Cengkareng Barat yang ikut memantau kegiatan ini.

Sebagai informasi, P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan.

P5 pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. kokurikuler ini mulai berlaku pada tahun ajaran 2022/2023. [Red]

To Top