Nusantara

Kajati Kalbar yang Tak Selesaikan Kasus Laporan Masyarakat Sebaiknya Diganti atau Mundur

VoIR Indonesia, Pontianak | Demo atau aksi yang dilakukan Barisan Pemuda Melayu Kalbar pada tanggal 11 Oktober 2022 lalu menandakan kecintaan masyarakat terhadap penegak Hukum terkhusus kejaksaan Tinggi Kalbar.

Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Kalimantan Barat, usai menjawab pertayaan wartawan, Rabu (12/10/2022).

Bukan tanpa alasan banyak kasus yang dilaporkan dari masyarakat jalan di tempat dan dikhawatirkan lamanya proses hukum akan berpeluang untuk hilangnya alat bukti dan mungkin dimanfaatkan oleh oknum-oknum.

“Kita tahu bahwa makelar kasus masih gentayangan di negara ini, alangkah baiknya saran dari kami apabila ada oknum penegak hukum yang tidak becus atau tidak bertanggung jawab sebaiknya diganti atau dipindahkan ke bidang lain,” ungkapnya.

Aidy mengatakan masih banyak aparat penegak hukum yang kinerjanya baik dan benar-benar bertanggung jawab dengan tugasnya.

“Kita khawatirkan kalau masih model-model seperti ini penangganan kasus “ABS” asal bapak senang  nanti kepercayaan masyarakat kepada institusi Kejati Kalbar hilang,” ungkapnya dengan nada keras.

Baca Juga:  Tips Menyimpan Kopi di Rumah Agar Tetap Segar

“Kenapa masyarakat melapor karena peran masyarakat juga diatur di dalam peraturan pemerintah Pasal 86 Tahun 1999 dan seandainya laporan masyarakat setelah diproses tidak ada unsur pidananya serta melawan hukum dan merugikan negara segeralah diterbitkan SP3 sehingga masyarakat mengetahuinya jangan senyap-senyap,” tambah dia lagi.

Dia menyadari untuk memproses kasus laporan dari masyarakat tidak mudah dan perlu tahapan-tahapan serta proses namun tidak mungkin sampai bertahun-tahun.

“Ada apa ini dan kami sebagai masyarakat sekarang sudah cerdas dan pintar tidak bisa dbohongi lagi maka untuk itu PW GNPK RI Kalbar berpendapat sebaiknya mundur saja atau minta pindah karena kami juga kecewa kalau cara kerjanya seperti itu jalan di tempat,” ujarnya. [Asmun]

To Top