Kesehatan

6 Jenis Makanan Ini Bisa Bantu Percepat Pemulihan Si Kecil yang Sedang Batuk Pilek

Ilustrasi si kecil batuk dan pilek (Foto: iStockphoto)

VoIR Indonesia, Jakarta | Belakangan ini salah satu penyakit yang sedang banyak diderita si kecil adalah batuk pilek.

Penyakit ini sangat umum ditemukan saat cuaca sedang masuk musim pancaroba seperti saat ini.

Ketika anak batuk pilek, ternyata ia tidak hanya membutuhkan obat-obatan saja. Melainkan ia juga membutuhkan makanan bernutrisi tinggi untuk membantu mempercepat pemulihannya.

Supaya bisa memudahkan Bunda menyajikan makanan bernutrisi untuk anak batuk pilek, berikut adalah daftar makanan yang bisa Bunda berikan pada si kecil.

Ikan

Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan terutama pada ikan laut seperti salmon, tuna, dan makarel, merupakan nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Makanan kaya asam lemak esensial ini dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih yang menghancurkan bakteri berbahaya dalam tubuh.

Selain itu juga memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan reaksi berlebih terhadap infeksi.

Buah dan sayur 

Mengandung zat gizi tinggi untuk daya tahan tubuh, seperti vitamin C dan bioflavonoid.

Vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi mencegah infeksi dan sebagai antibodi. Bioflavonoid berperan mengatur pertumbuhan dan kematian sel.

Sup ayam

Anda juga bisa memberi sup ayam pada anak yang sedang batuk pilek.

Baca Juga:  Polsek Tambora Ingatkan Warga Arus Balik Positif Covid-19 Dirujuk ke Wisma Atlet

Sup hangat bisa membuat tubuh jadi lebih hangat dan merupakan salah satu teknik pengobatan dengan makanan yang diyakini manjur sejak dahulu.

Selain itu, sup ayam juga dapat membantuk memenuhi kebutuhan cairan anak yang sedang sakit.

Untuk sup yang lebih mengenyangkan, tambahkan nasi atau mie dan sayuran cincang yang dimasak. Beberapa sendok makan tepung gandum juga bisa digunakan untuk mengentalkan sup saat dipanaskan.

Telur

Mengandung iodine dan vitamin B6 yang bekerja mendukung sel B dan sel T, yaitu sel-sel yang membantu memperkuat daya tahan tubuh. Sementara vitamin E pada telur dapat meningkatkan konsentrasi sel T.

Mashed potato

Jika anak sedang rewel makan nasi, Anda bisa berikan mashed potato. Mashed potato punya rasanya enak dan cukup mengenyangkan untuk si kecil.

Terbuat dari kentang rebus, kentang tumbuk ini biasanya menarik bagi anak-anak dari segala usia dan dapat diperkenalkan sejak anak berusia delapan bulan ke atas.

Sup jamur

Manfaat kesehatan dari jamur sangat banyak, dan kemampuannya untuk mencegah infeksi sudah dikenal luas.

Anda bisa memberikan sup jamur hangat untuk anak. Sup jamur adalah sajian yang sangat nyaman untuk anak yang sedang terserang pilek dan batuk. [Red]

To Top