Politik

Soal Pj Gubernur DKI, Ronal Sihotang Minta Jokowi Pilih yang Pas dan Tepat dari 3 Usulan DPRD

Ronal Sihotang, SH., MH (Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Jakarta | DPRD DKI Jakarta resmi mengumumkan pemberhentian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di rapat paripurna pengumuman pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir tahun 2022, pada 12 September 2022 lalu.

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Sejumlah nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pun semakin menguat jelang Anies Baswedan purnatugas.

Ada 3 nama yang menguat, saling berbeda instansi, tapi sama-sama punya pengalaman di pemerintahan.

Menanggapi hal ini, Pengacara muda yang juga Ketua Ormas Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat Ronal Sihotang, SH., MH mengatakan meski sudah diumumkan berhenti dari jabatan Gubernur DKI Jakarta dan punya hak untuk mencalonkan lagi jadi gubernur, Anies belum bisa melakukan hal itu karena seluruh pilkada di RI akan digelar serentak pada November 2024 mendatang.

3 usulan nama dari DPRD DKI jadi Pj Gubernur (Foto: Detik)

“Sampai Gubernur DKI Jakarta baru terpilih pada November 2024 mendatang, jabatan Gubernur DKI Jakarta akan diisi oleh Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta,” kata Ronal di sela-sela kegiatan sosial Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga:  Transportasi Udara Dibuka Kembali Saat PSBB, Pengamat: Ke Depan, Bisa Jadi Pemerintah Subsidi Perusahaan Penerbangan

Terkait 3 nama pejabat yang menguat menggantikan Anies Baswedan, selaku orang nomor satu di Ormas Pemuda Batak Bersatu Jakarta Barat, Ronal berharap Presiden Jokowi dapat memilih satu dari tiga nama yang diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta itu.

“3 nama yang diusulkan DPRD DKI itu sudah mewakili warga DKI Jakarta dan saya sebagai warga DKI juga sangat setuju dengan usulan itu,” jelas Ronal yang berprofesi pengacara itu.

Ronal berharap agar Presiden Jokowi mempertimbangkan 3 usulan DPRD tersebut dan dapat memilih pengganti Anies yang pas dan tepat untuk memimpin DKI Jakarta hingga November 2024 mendatang.

“Bila dilihat dalam konteks nasional, DKI adalah barometer politik nasional. Pemilihan Pj Gubernur yang pas dan tepat dilakukan untuk mengurangi kegaduhan politik nasional dalam proses pemilu 2024,” kata Ronal.

Ronal Sihotang ialah seorang politisi muda dari Partai Golkar berprofesi pengacara DKI Jakarta berdomisili di Jakarta Barat.

Dedikasi dan loyalitas dengan slogan Hadir untuk Melayani, bukan untuk Dilayani adalah bagian prinsip hidup sosok pengacara kelahiran asal Medan, 4 November 1980 ini.

Selain aktif di bidang hukum dan sosial, Ronal juga aktif sebagai Bendahara Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jakarta Barat, salah satu orsap Partai Golkar. [Red]

To Top