Nusantara

Diklat Angkatan Kedua Kader Gerakan Kristiani Indonesia Raya Siap Digelar di Solo

Diskusi pematangan rencana diklat angkatan kedua kader Gekira di Solo (Foto: PD Gekira Jateng)

VoIR Indonesia, Jateng | Pendidikan dan pelatihan atau Diklat untuk kader-kader Gerakan Kristiani Indonesia Raya (Gekira) Angkatan Pertama telah selesai dilaksanakan dengan sukses pada 8-10 April 2022 lalu.

Saatnya mempersiapkan diklat berikutnya untuk angkatan kedua.

Ketua OKK Pimpinan Pusat (PP) Gekira Yeremias Ndoen didampingi Wakil Sekretaris Panitia Diklat Elis pun segera melakukan roadshow untuk mempersiapkan gelaran diklat kedua serta persiapan pembentukan sekaligus pelantikan pengurus-pengurus Gekira di daerah.

Kali ini, Yeremias atau kerap dipanggil Bung Jerry menyambangi Jawa Tengah, tepatnya di Kudus, Solo dan daerah lain.

Kehadiran Bung Jerry dan Elis di Jawa Tengah disambut hangat oleh Ketua PD Gekira Jateng Valerie Yudistira Pramudya didampingi sejumlah pengurus sambil ngopi bareng santai di SidjiCoffee.

Sambil menyeruput kopi, pembicaraan bergesar ke topik persiapan diklat angkatan kedua yang rencananya digelar di Solo. Selain persiapan diklat, pembicaraan berlanjut mengenai persiapan calon pengurus PD Gekira Jateng beserta pengurus-pengurusnya.

(Foto: PD Gekira Jateng)

Diskusi dan pertemuan pun semakin hangat dengan kehadiran kader-kader Gekira Jateng lainnya yang ikut bergabung di SidjiCoffee.

Inti diskusi atau pertemuan ada dua yaitu persiapan agenda diklat angkatan kedua yang akan digelar di Solo dan penguatan organisasi bagi calon pengurus PD Gekira Jateng.

Pada kesempatan itu, Bung Jerry menyampaikan bahwa Partai Gerindra adalah Partai Nasionalis, bukan Partai kanan atau Partai Kiri. Ideologinya sangat jelas sebagaimana selalu ditunjukkan oleh Ketua Umum Prabowo Subianto.

Pun cita-cita dari saat didirikan hingga saat ini masih sama yaitu Partai Gerindra dibentuk untuk menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi lebih baik dalam semua sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Hal ini sangat perlu untuk disampaikan karena ada pengalaman saat pilkada DKI dan Pemilu sebelumnya bahwa komunitas kristiani kecewa dengan Partai Gerindra menggandeng partai dan kelompok garis keras yang memusuhi umat kristiani.

Baca Juga:  Satpel PPKUKM Kebon Jeruk Gandeng Bank BJB Edukasi UMKM dan IKM Jakarta Barat

“Tujuan Partai Gerindra sangat jelas, yaitu ingin menjadikan bangsa Indonesia menjadi lebih baik, itulah mengapa Gerindra melalui program diklatnya dijadikan alat untuk mendidik dan mencetak politisi-politisi yang memiliki mental, moral dan etika yang baik dan berjiwa nasionalis untuk memajukan bangsa Indonesia,” jelas Bung Jerry.

Menanggapinya, Valerie, menyampaikan bahwa PD Gekira Jateng siap untuk mendukung setiap kebijakan DPP Partai Gerindra dan orsap Gekira dalam mewujudkan cita-cita luhur ini.

Namun Valerie juga berharap bahwa PD Gekira Jateng tidak dibiarkan bergerak sendiri.

“Kami perlu dukungan dan bimbingan dari DPP Gerindra dan PP Gekira sehingga setiap program yang dijalankan untuk melayani masyarakat Kristiani di Jawa Tengah dapat terukur dan sinkron dengan kebijakan Partai,” kata Valerie.

Valerie juga melaporkan pada kesempatan itu kegiatan yang sudah dilakukan PD Gekira Jateng ataupun rencana-rencana ke depan.

Secara garis besar, kata dia, program pendampingan dan pelayanan sosial di PD Gekira Jateng terbagi dalam bidang yaitu pendidikan dan kesehatan.

“Kami memerlukan patron dan teladan seperti Ketua Dewan Pembina PP Gekira Hashim Djojohadikusumo untuk hadir dan turun di Jawa Tengah sehingga PD Gekira dapat berkembang dan bertumbuh,” harap Valerie.

Di akhir diskusi santai itu, Bung Jerry menyampaikan arahan sekaligus mengajak PD Gekira Jateng juga harus hadir dan berkontribusi dalam masalah lingkungan terutama persoalan tentang sampah gelas dan botol minuman kemasan plastik.

Bung Jerry yakin dan optimis dengan SDM yang dimiliki PD Gekira Jateng mampu mengerjakan hal itu.

Arahan ini disambut antusias oleh Valerie dan jajaran untuk segera memulai gerakan dengan mengumpulkan sampah minuman kemasan dari gereja-gereja kemudian di proses sampai menjadi barang jadi siap pakai.

“Kudus akan kita jadikan pilot project untuk Gerakan Bank Sampah Botol plastik PD Gekira Jateng,” tutup Valerie mengakhiri pertemuan yang sudah larut malam. [Red]

To Top