Kesehatan

Polisi Peduli, Kapolsek Sanggau Ledo Bantu Pengobatan Bayi Gizi Buruk

Polisi menyerahkan bantuan kepada Sutarno, orangtua Gibran (Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Bengkayang | Polisi peduli merupakan wujud karya anggota Polri dalam membantu atau menolong masyarakat yang tengah kesulitan serta membutuhkan pertolongan.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Sanggau Ledo Polres Bengkayang Polda Kalbar IPDA Dwiyanto Bhanu Susilo yang membantu bayi yang mengalami gizi buruk.

Bayi tersebut bernama Gibran anak dari Sutarno dan ibu Suliati warga di Dusun Setia Karya RT 016/RW 006 Dusun Kamuh, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang.

“Awalnya saya mendapat informasi dari kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektoral di Puskesmas Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang, bahwa ada pasien gizi buruk di Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas yang telah ditangani secara intensif oleh Puskesmas Tujuh Belas. Setelah kegiatan tersebut, Kapolsek bersama Bhabinkamtibmas, Puskesmas Tujuh Belas dan Pemerintah Kecamatan Tujuh Belas langsung mendatangi pasien gizi buruk tersebut,” kata Kapolsek Sanggau Ledo.

Melihat kondisi pasien tersebut yang semakin memburuk, Kapolsek Sanggau Ledo berinisiatif akan merujuk ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang lebih baik setelah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Tujuh Belas.

Akhirnya pasien tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Bumi Sebalo Bengkayang, dengan diantar oleh ambulans Puskesmas Tujuh Belas didampingi tenaga kesehatan dan staf kecamatan Tujuh Belas.

“Selama kurang lebih 8 hari dirawat di Rumah Sakit Umum Bengkayang, pasien mengalami kenaikan berat badan yang awalnya 5,2 Kg menjadi 5,8 Kg. Namun setelah pulang akan mendapatkan perawatan dan pengobatan jalan dari puskesmas Tujuh Belas,” tuturnya.

Baca Juga:  Kembali Kritisi Menkopolhukam, Kang Tamil Sebut Pak Mahfud tidak Paham bahwa PSBB adalah Lockdown versi Relaksasi

Kapolsek menerangkan, setelah keluar dari Rumah Sakit Umum Bengkayang kondisi bayi sudah semakin membaik, dikarenakan ada pemantauan dan perawatan yang dilakukan secara intensif dilakukaoleh pihak Puskesmas Tujuh Belas.

Setelah keluar dari Rumah Sakit, Kapolsek dan anggota juga menyempatkan diri untuk melakukan pemantauan dan mengecek kondisi bayi dan keluarga pada, Selasa (5/9/2022).

“Hari ini kami melihat kondisi adik Gibran sudah mulai membaik, karena secara intensif dilakukan pemantauan dan pengobatan oleh pihak dari Puskesmas Tujuh Belas namun saat ini ibunya kondisinya sedang sakit,” terangnya.

Polsek Sanggau Ledo juga memberikan bantuan berupa sembako, susu, makanan ringan dan perlengkapan bayi kepada keluarga pasien untuk meringankan beban.

“Untuk dari Polsek Sanggau Ledo, kami membantu berupa bahan pokok dan makanan bayi dan juga kami pantau setiap saat kesehatan pasien dan keluarganya,” tutup Kapolsek.

Sementara itu, Sutarno ayah dari Gibran mengucapkan terima kasih atas bantuan Kapolsek Sanggau Ledo untuknya sekeluarga.

“Terima kasih atas bantuan dari Kapolres Bengkayang khususnya Kapolsek Sanggau Ledo yang telah membantu kami sekeluarga. Alhamdulillah akibat dari bantuan Kapolsek Sanggau Ledo kami ucapkan terima kasih banyak-banyak. Mudah-mudahan Allah membalas kebaikan Kapolsek Sanggau Ledo dengan diberi kesehatan dan keselamatan dunia dan akhirat,” kata Sutarno. [Kurnadi/Asmun]

To Top