Nusantara

Dukung Program SDM Unggul dan Berkarakter, ISB Bengkayang Buka Kelas Profesional

Pintu masuk Institut Shanti Bhuana Bengkayang (Foto: Internet)

VoIR Indonesia, Bengkayang | Rektor Institut Shanti Bhuana (ISB) Bengkayang, Kalimantan Barat, Romo Marianus Dinata Alnijah, S.S., M.Hum mengungkapkan bahwa pada tahun ini, ISB akan membuka khusus kelas profesional.

Pasalnya pembukaan kelas profesional ini merupakan bagian dari dukungan ISB terhadap program unggulan Bupati Bengkayang “SDM Unggul dan Berkarakter.”

“Kami dari pihak perguruan tinggi ISB mendukung sepenuhnya program “SDM Unggul dan Berkarakter” yang dicanangkan oleh Bupati Bengkayang. Bentuk dukungan kami, dengan membuka khusus kelas profesional di ISB,” demikian ungkap Romo Marianus, di Rektorat ISB, Jumat (2/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Rektor menjelaskan bahwa pembukaan kelas profesional ini merupakan sebuah gebrakan baru yang dilakukan pihak ISB guna menjawab kebutuhan tenaga profesional di Kabupaten Bengkayang.

“Dari hasil audiensi dengan Bapak Bupati beberapa waktu lalu, disadari akan pentingnya pembukaan kelas profesional ini,” demikian tegas Rektor.

Romo Rektor menjelaskan, dalam pelaksanaan kelas profesional secara umum tidak berbeda jauh dengan kelas regular.

Pelaksanaan tatap muka perkuliahan dilaksanakan dari hari Senin sampai Jumat, namun pelaksanaanya dilakukan pada sore hingga malam hari menyesuaikan dengan jam kerja mahasiswa.

“Kita sesuaikan dengan jam kerja mahasiswa, jadi pelaksanaanya sore sampai malam hari, dari hari Senin sampai hari Jumat di ruang kelas ISB,” jelas Rektor.

Baca Juga:  RI Punya 285 Menara Suar Siap Jaga Pelayaran Nasional

Terkait program studi yang akan dibuka pada kelas profesional, Rektor memastikan bahwa pembukaan program studi disesuaikan dengan ke 4 program studi regular yang kini sudah ada di Institut Shanti Bhuana.

Diantaranya Program Studi Manajemen, Program Studi Kewirausahaan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Program Studi Teknologi Informasi (TI).

Sementara itu, untuk persyaratan mengikuti kelas profesional yang menjadi persyaratan dalam mengikuti kelas online, Rektor mengungkapkan bahwa pihak ISB sangat terbuka bagi para peminat.

“Jadi silahkan datang saja ke ISB untuk ketentuannya apa saja, kantor selalu buka dari hari Senin sampai Jumat di hari kerja,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Institut Shanti Bhuana Bengkayang merupakan institusi yang berada di bawah naungan Yayasan Santo Yohanes Salib dimana pengelolahnya terdiri dari para Romo Carmelitae Santi Eliae (CSE) dan para Suster Putri Karmel.

Kehadiran para Romo CSE dan Suster Putri Karmel memberikan warna tersendiri dalam pelaksanaan pendidikan di Institusi ini.

Skema pendidikan yang dibangun di institusi ini adalah pendidikan yang integral dimana mahasiswa diharapkan memiliki sikap profesional, cinta tanah air, berintegritas, dan beriman mendalam.

Semboyan Budaya Amare (cinta kasih) juga menjadi ciri khas yang mendasari pelaksanaan perkuliahan di lingkup Institut Shanti Bhuana. [Asmun]

To Top