Olahraga

Warga Cibaliung Antusias Bermain di Kolam Renang

Penulis Oleh: Rifki Wahyudin (Dosen STKIP Mutiara Banten)

OLAHRAGA renang adalah gerakan berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat menggunakan tangan dan kaki. Renang yang saat ini populer di kalangan masyarakat indonesia, telah menghipnotis warga Cibaliung dengan dibuktikan adanya kolam renang rekreasi di Cinibung dengan panjang 25m dan lebar 12,5m dan kedalam 1,20 meter, dan kolam baby swimm kedalaman 50 cm.

Warga Cibaliung sangat antusias dengan adanya kolam renang, setiap hari banyak warga yang membawa anak-anak nya untuk berenang, bahkan bukan anak-anak saja akan tetapi orang tua yang ingin merasakan dinginnya kolam pun mengunjunginya.

Beradanya kolam Cibaliung di posisi didataran tinggi membuat air sangat dingin.

Berolahraga renang yang perlu diperhatikan adalah kita harus tahu kedalaman kolam, banyak sekali orang yang kurang berhati-hati pada saat berenang.

Yang tidak memperhatikan kedalam kolam. Tidak sedikit orang melakukan aktifitas di kolam tanpa pemanasan terlebih dahulu, yang bisa mengakibatkan kram otot.

Hal yang tidak kalah penting dalam renang tentang teknik pernafasan serta teknik gerakan tangan dan kaki yang masing-mansing gaya berbeda.

Adapun manfaat dari renang adalah:

Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dengan demikian, tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, berenang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Membangun massa otot

Berbagai gerakan dalam olahraga renang menuntut hampir seluruh otot tubuh untuk bergerak melawan tekanan di dalam air.

Baca Juga:  Disperindag Sidak Sejumlah Swalayan di Pontianak

Hal inilah yang menyebabkan berenang dapat meningkatkan kelenturan dan massa otot tubuh. 

Berenang juga baik dilakukan untuk mengecilkan betis dan membuatnya tampak lebih kencang, serta membantu membentuk dan menguatkan otot dada.

Menurunkan berat badan

Berenang selama 1 jam dapat membakar sekitar 500–650 kalori.

Oleh karena itu, berenang bisa menjadi olahraga pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Olahraga ini juga baik untuk mengecilkan perut, serta mengurangi jaringan lemak di perut dan bagian tubuh lainnya.

Mengurangi stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat Anda lebih rileks.

Meningkatkan kualitas tidur

Sebuah studi yang dilakukan terhadap penderita insomnia menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kualitas tidur mereka.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gangguan tidur, cobalah untuk berenang agar tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Meringankan radang sendi

Berenang juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat peradangan sendi, sehingga aman dan justru dianjurkan bagi penderita arthritis.

Penelitian lain pun menyebutkan bahwa penderita osteoporosis yang berenang secara rutin dapat mengalami penurunan nyeri sendi.

Mengatasi kondisi saraf kejepit

Saraf kejepit dapat menyebabkan penderitanya sulit beraktivitas dan lebih banyak berbaring di tempat tidur. Jika dibiarkan tanpa penanganan, kondisi ini justru akan melemahkan otot dan membuat sendi menegang.

Salah satu cara untuk mengatasi saraf kejepit adalah dengan berenang. Berbagai gerakan dalam renang bisa membuat otot-otot punggung dan tulang belakang menjadi lebih santai dan rileks. [*]

To Top