Dunia

Bertemu Jokowi, Vladimir Putin Sebut Rusia Siap Ekspor 50 Juta Ton Gandum

Presiden Jokowi bersama Presiden Putin saat bertemu di Kremlin.(Foto: Dok. Telegram/Kremlin)

VoIR Indonesia, Jakarta | Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Rusia siap mengekspor 50 juta ton gandum pada tahun ini, saat menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Kamis (30/6/2022).

Presiden Jokowi diketahui hari ini tengah berada di Rusia untuk melanjutkan misi perdamaian, usai bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv, kemarin.

Hari ini, Presiden Jokowi mengunjungi Presiden Putin di Kremlin, setelah menempuh perjalanan dengan pesawat dari Polandia.

“Tahun lalu Rusia memasok lebih dari 40 juta ton gabah ke pasar internasional, dan tahun ini kami akan siap memasok sekitar 50 juta ton,” ujar Presiden Putin saat bertemu Presiden Jokowi, melansir Interfak, Kamis (30/6/2022).

Salah satu concern Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungannya ke Ukraina dan Rusia adalah, meredakan konflik dan memulihkan kembali rantai pasokan pangan yang terganggu akibat perang.

“Perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali,” ungkap Presiden Jokowi sebelum meninggalkan Tanah Air Hari Minggu lalu.

Baca Juga:  Ekuador Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Diberitakan sebelumnya, pesawat Garuda Indonesia GIA-1 mendarat mulus di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Langit yang cerah di Kota Moskow sambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana.

Presiden Jokowi tiba di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022. Selang sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.

Setelah pintu pesawat terbuka, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana turun dari pesawat dan disambut pejabat Federasi Rusia antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov seperti dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Selain itu tampak pula Duta Besar RI Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut. [Red]

To Top