Nusantara

Kegiatan Koteka di Distrik Ilaga Dilakukan dengan Pesta Bakar Batu dan Makan Bersama

(Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Papua | Satgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 Wilayah Puncak melaksanakan kegiatan Koteka, pesta bakar batu dan makan Bersama, di Kampung Kago Distrik Ilaga, Rabu (22/6/2022).

Sebanyak 14 personil diterjunkan untuk melakukan kegiatan tersebut. 5 orang dari personel Satgas Binmas, 4 orang Tim Medis dan ditambah 5 personel lainnya.

Dalam kegiatan itu turut hadir Demus Wonda Kadis Kesehatan/Pemda Puncak, Alius Tabuni Tokoh Pemuda/Koordinator Bakar Batu, Nikolaus Alom selaku Kepala Suku Kab Puncak.

Juga Yonius Ganie Kepala Suku Kabupaten Puncak, Pdt Samuel Y. Murib Tokoh Agama, serta 800 masyarakat Kabupaten Puncak.

Pada kesempatan itu Satgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 oleh Kapolres Puncak yang diwakili Kabag Ops Res Puncak AKP Menase Sayori memenyerahkan 8 ekor babi secara simbolis kepada Kordinator Bakar Batu Alius Tabuni, Tokoh Adat Nikolaus Alom dan Kepala Suku Yonius Ganie.

“Hari ini kami dari Satgas Binmas Ops Damai Cartenz 2022 dan Polres Puncak bersama masyarakat Kabupaten Puncak melaksanakan kegiatan program Koteka yaitu pesta bakar batu dan makan bersama di kampung Kago Distrik Ilaga,” kata AKP Menase Sayori.

Kata AKP Menase Sayori, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian penuh pihaknya kepada masyarakat dengan memberikan program-program dari Binmas Noken dengan tujuan membantu mensejahterakan masyarakat.

“Sampai saat ini juga Polri bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Puncak dengan menggelar Pesta Bakar Batu, duduk makan bersama, ini menujukan bahwa masyarakat tidak perlu takut, daerah ini harus aman, Polri hadir untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat kab Puncak,” kata dia menambahkan.

Baca Juga:  Banjir Landa Kecamatan Manis Mata, 30 Personil Polres Ketapang Diterjunkan

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Puncak yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan Puncak Demus Wonda menyampaikan terimakasih kepada Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz.

“Kami dari Pemkab Puncak mengucapkan terima kasih kepada Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz dan Polres Puncak yang mengadakan kegiatan bakar batu. Ini menandakan hubungan dengan masyarakat, pelayanan dengan masyarakat berjalan dengan baik,” ujar Demus Wonda.

Pemkab Puncak sendiri menyumbang satu ekor babi kepada masyarakat yang diterima oleh Ketua Koordinator Bakar Batu Alius Tabuni.

Korwil Puncak yang diwakili Kbo Binmas Ipda Yan A. Wambrauw juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan yang dengan penuh suka cita menyumbang satu ekor babi.

Selain itu, Alius Tabuni dari Tokoh Pemuda sekaligus Koordinator Bakar Batu mengucupakan terima kasih kepada Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz yang sudah membantu melakukan kegiatan bakar batu dan makan Bersama.

“Seluruh masyarakat sangat senang dengan giat bakar batu ini, bisa berkumpul duduk makan bersama sehingga hubungan antara Polri dan masyarakat tetap berjalan dengan baik,” ucap Alius Tabuni.

Di akhir acara mereka makan bersama dan berjalan dengan baik dan lancar. [Ritha]

To Top