Hukum

Bawa Sabu, Seorang Pria Diamankan Satnarkoba Polres Bengkayang

Pelaku RS diamankan Polisi karena membawa sabu (Foto: Humas Polres Bengkayang)

VoIR Indonesia, Bengkayang | Satuan Reserse Narkotika Polres Bengkayang terus memburu para pelaku dan pengedar narkotika di wilayah hukum Polres Bengkayang.

Dan kembali, pada Rabu (8/6/2022), Personil Satnarkoba Polres Bengkayang berhasil membekuk pelaku pengedar narkoba di daerah Dungkan Kecamatan Teriak.

Kasat Narkoba Polres Bengkayang IPTU Maju K Siregar membenarkan adanya penangkapan terhadap RS alias Roy Siboy (nama inisial) yang diduga pengedar narkoba di daerah Dungkan Kecamatan Teriak pada Rabu (8/6/2022) lalu.

“Iya benar personil kami setelah mendapat Informasi dari masyarakat tentang adanya peredaran narkotika di wilayah Kecamatan Teriak, langsung melakukan penyelidikan, yang kemudian pada hari Rabu (8/6/2022), sekitar pukul 15.30 WIB, dilakukan penggerebekan di sebuah rumah yang terletak Dusun Dungkan Desa Dharma Bhakti tepatnya di RT 001/RW 000 Kecamatan Teriak dan menemukan terduga yang dicurigai diduga pelaku bernama Roy Siboy alias RS  mencoba melarikan diri dari pintu belakang, dan dengan sigap anggota lapangan satuan narkoba dapat menangkap pelaku,” ucap IPTU Maju K. Siregar saat dikonfirmasi, Sabtu (11/6/2022).

Setelah ditangkap karena mencoba melarikan diri, selanjutnya pelaku dilakukan tindakan hukum berupa penggeledahan badan atau pakaian serta pengeledahan rumah atau tempat tertutup lainnya dengan disaksikan oleh 2 orang saksi.

Hasilnya ditemukan barang bukti berupa, 14 plastik klip warna putih bening yang berisi serbuk kristal yang diduga narkotika jenis sabu, 1 kotak plastik merk “Capung” warna coklat, 1 kotak plastik warna putih bening, 1 buah gunting warna biru.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Peran Empat Terduga Teroris Jamaah Islamiyah Jawa Tengah

Juga 1 potongan pipet plastik yang salah satu ujungnya runcing warna putih (sendok sabu), 1 buah dompet warna putih motif bunga, sejumlah plastik klip warna putih bening ukuran kecil, 1 unit timbangan digital warna abu-abu.

Ada juga 1 unit handphone merk Vivo warna biru, 1 buah alat hisap sabu (bong), 1 buah korek api gas warna merah serta uang Rp 450.000.

Menurut Maju, dari hasil penggeledahan, pihaknya juga mengamankan 1 lembar KTP atas nama Roy Siboy dengan nomor NIK: 6107090510990004 yang ada kaitannya dengan tindak pidana narkotika dan diakui benar merupakan milik dan dalam penguasaan tersangka.

Setelah mencatat Identitas para saksi, selanjutnya tersangka dan barang bukti dibawa dan diamankan ke Satuan Resnarkoba Polres Bengkayang guna proses hukum lebih lanjut.

Untuk tersangka RS dipersangkakan telah melanggar pasal Pasal 114 ayat (1), Pasal 112 ayat (1), UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk selanjutnya, menyikapi masih maraknya peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Bengkayang, Maju mengatakan dari satuan reserse narkoba Polres Bengkayang akan terus melakukan pengembangan terhadap jaringan RS.

Dan bagi warga Bengkayang, ia mengimbau jika ada menemukan kasus mencurigakan di sekitar terkait adanya transaksi narkoba supaya segera menghubungi aparat setempat untuk ditindak lanjuti. [Asmun]

To Top