Nusantara

Nias Barat Gelar Festival Pesona Aekhula 2022, Ini Harapan Tokoh Masyarakat dan Ketum PMNBI

Pulau ASU menjadi surga pantai di Nias Barat (Foto: Kumparan)

VoIR Indonesia, NIAS BARAT | Pemerintah Nias Barat, dalam waktu dekat, tepatnya pada tanggal 18 sampai 22 Juni 2022 mendatang menyelenggarakan Festival Pesona Aekhula.

Pesona Aekhula adalah suatu event atau festival untuk memperkenalkan kekayaan atau potensi yang dimiliki Kabupaten Nias Barat, lebih khusus sektor pariwisata dan kebudayaan.

Sejumlah kegiatan pun digelar seperti atraksi budaya, atraksi seni dan tari-tarian, termasuk memperkenakan hasil kerajinan tangan serta wisata bahari berupa keindahan pantai dan pulau-pulau di wilayah Nias Barat.

Salah satu wisata bahari yang terus diperkenalkan seperti Pulau Asu dan Kepulauan Hinako merupakan mutiara wisata bahari yang sangat eksotik menjadi magnet (daya tarik) Nias Barat secara khusus dan Kepulauan Nias secara umum kepada wisatawan.

Kedua wisata bahari ini pun diharapkan nanti mampu meningkatkan wisatawan berkunjung ke Nias Barat.

Selain itu, keindahan alam Kepulauan Nias, lebih khusus Nias Barat juga memiliki destinasi yang tidak kalah menarik.

Ketua Umum Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia (PMNBI) Faahakhododo Maruhawa atau Ama Moses (Foto: Ist)

Misalnya ada desa tradisional, batu megalit dan lain sebagainya yang tersebar di beberapa kecamatan yang semuanya merupakan potensi yang menjanjikan di Nias Barat.

Baca Juga:  Perangi Covid-19, Keluarga Op Goklim Munthe Didampingi Generasi Muda Parna Sumbang 300 APD untuk Petugas Medis di Humbahas

Hal tersebut disampaikan Tokoh Masyarakat yang juga Ketua Umum Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia atau PMNBI Faahakhododo Maruhawa dalam keterangan tertulisnya kepada VoIR Indonesia di Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Pengusaha yang kerap dipanggil Ama Moses ini berharap agar Festival Pesona Aekhula ini sering dilaksanakan baik di Nias Barat sendiri maupun di kota-kota besar seperti Medan dan Jakarta.

“Ini dapat menjadi ajang promosi Nias Barat di tingkat nasional maupun internasional, sehingga ke depan mengalami kemajuan di bidang pariwisata yang pastinya berdampak pada kemajuan/kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” kata Ama Moses.

Ama Moses juga meminta dan berharap kepada masyarakat, terutama diaspora atau masyarakat Nias Barat yang ada diperantauan dimana pun berada untuk hadir dan menyaksikan langsung acara tersebut sekaligus melihat dan mengenang kembali kampung halaman, terlebih setelah mengalami perubahan sejak dimekarkan menjadi satu daerah otonomi baru. Selamat dan Sukses, YA’AHOWU, Nias Barat, Hasambua, Hasambua, Nias Barat. [Red]

To Top