Nusantara

Ketua Ronal Sihotang Apresiasi Pelatihan yang Digagas Pemuda Batak Bersatu DKI Jakarta

Ketum Lambok Sihombing berfoto bersama KSB DPD dan Ketua DPC dari 5 wilayah DKI Jakarta (Foto: Ist)

VoIR Indonesia, Jakarta | Organisasi kemasyarakatan atau ormas sangat berperan penting dan berpotensi besar dalam menentukan jalannya demokrasi di Indonesia.

Selain berperan untuk menentukan jalannya demokrasi, potensi ormas juga sangat penting untuk mengembangkan para kadernya dalam memahami ormas dalam dirinya sendiri, serta memahami ormas dalam implementasinya di tengah-tengah masyarakat sebagai sosial kontrol.

Hal ini lah yang mendorong dan menginisiasi Pemuda Batak Bersatu DPD DKI Jakarta melakukan pelatihan bertema ‘Leadership Development Program’ yang berlangsung di Royal Resto Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022).

Kegiatan Pelatihan ini dihadiri KSB dan Kabiro DPD DKI Jakarta, serta KSB dan Kadiv dari 5 wilayah DPC di DKI Jakarta.

Acara diawali dengan kebaktian pada pukul 10.00 WIB, lalu dilanjut dengan sambutan pembukaan oleh Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu Lambok Sihombing, S.Pd dan Ketua Panitia yang juga Ketua Pemuda Batak Bersatu DPD DKI Jakarta DF. Ringo.

DF. Ringo (kiri) menyematkan PIN PBB kepada Ketua DPC Jakarta Barat Ronal Sihotang, SH., MH (kanan) -Foto (Ist)

Pembicara kehormatan pada kegiatan pelatihan ini ialah DR Russel Butar Butar, SH., MH yang menjabat Kepala Departemen OKK DPP Pemuda Batak Bersatu dan seorang Psikolog Nora Yustina Nainggolan, S.Psi., M.Psi.

Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat Ronal Sihotang, SH., MH mengapresiasi kegiatan pelatihan yang dilakukan DPD DKI Jakarta ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang digagas DPD DKI Jakarta ini. Semoga kegiatan pelatihan seperti ini dapat diikuti oleh DPD lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Pengacara Muda itu dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jumat (27/5/2022).

Sebagai organisasi kemasyarakatan yang belum berusia tiga tahun, pelatihan-pelatihan seperti ini, kata Ronal sangat penting dan harus sering dilakukan selain untuk meningkatkan SDM kader dalam berorganisasi, dapat juga menambah pemahaman para kader dalam mengimplementasikan kegiatan atau program di tengah-tengah bermasyarakat yang beranekaragam.

Timbul Fransisco Malau (tengah) Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Utara (Foto: Ist)

“Kegiatan ini sangat penting selain dapat meningkatkan SDM kader, juga dapat menambah pemahaman anggota terutama pengurus untuk mengimplementasikan kegiatan di lingkungan masyarakat,” kata Ronal yang mengaku memboyong 30 orang anggotanya untuk ikut dalam pelatihan Leadership Development Program ini.

Baca Juga:  Dirikan Taman Belajar Berbasis Internet, Polsek Sanggau Ledo Terima Piagam Penghargaan

Pria yang kerap dipanggil Ketua Milenial itu juga menambahkan bahwa Indonesia di satu sisi memliki banyak kelebihan karena memiliki keanekaragaman suku, budaya, dan agama.

Hal ini bisa diartikan sebagai anugerah. Akan tetapi di sisi lain realitas ini bisa memicu terjadinya perpecahan, intoleransi, dan konflik sosial.

Karena itu, menurut Ronal, peran ormas melalui berbagai pelatihan seperti ini sangat penting dalam hal mengembangkan pola pikir yang menjunjung tinggi solidaritas, toleransi, rukun dan gotong royong.

Tanggapan senada juga disampaikan Timbul Fransisco Malau Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Utara didampingi puluhan pengurus dan anggota yang ikut dalam kegiatan pelatihan.

Praktisi Hukum ini berharap melalui kegiatan pelatihan yang dilakukan DPD DKI Jakarta, semua anggota mulai dari ranting ke PAC, lalu dari PAC ke DPC dan dari DPC ke DPD dapat menjalankan hirarki organisasi Pemuda Batak Bersatu.

“Semoga semua anggota dapat menjalankan hirarki organisasi Pemuda Batak Bersatu mulai dari level terendah yaitu ranting hingga DPD,” kata pria jago nyanyi dan mainkan alat musik itu.

Ketua Timbul mengajak agar polemik dan dinamika di tubuh organisasi Pemuda Batak Bersatu dapat membuat dan menjadikan anggota untuk lebih dewasa dalam berorganisasi. .

Di akhir pelatihan, peserta mendapatkan sertifikat dan PIN Pemuda Batak Bersatu. [Red]

To Top