Nusantara

Waktu yang Tepat untuk Pendidikan Karakter

Penulis Oleh: Bayu Purnama Galuh (Dosen STKIP Mutiara Banten)

ANAK usia dini mengalami perkembangan yang paling cepat dalam berbagai aspek termasuk agama, moral, sosila, intelektual dan emosi sehingga menjadi momen yang pas untuk menanamkan berbagai ilmu yang bermanfaat.

Anak usia dini sebaiknya diberikan pendidikan sebagai pondasi kuat untuk kehidupannya mendatang, nilai yang dibiasakan oleh orang tua sejak kecil akan selalu diingat setelah beranjak dewasa.

Meski ini menjadi hal yang penting namun kesadaran orang tua terhadap pendidikan karakter masih tergolong sangat rendah. Mungkin karena masih banyak juga orang tua yang belum memahami ilmu parenting dengan benar.

Tujuan pendidikan karakter tentunya agar anak dapat menerapkan berbagai hal yang baik dalam kehidupan sehari-harinya, karena pendiidkan ini menjadi dasar yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membentuk moral dan akhlak anak.

Pendidikan karakter juga penting agar anak memiliki karakter yang kuat dan kompetensi yang tinggi.

Fungsi pendidikan karakter untuk anak usia dini

  1. Fungsi secara umum
Baca Juga:  Polsek Tambelang Gelar Vaksinasi Massal AKABRI 1999 Peduli di Desa Sukamantri

Pendidikan karakter pada anak usia dini dapat membentuk karakter anak, seperti dengan pendidikan nilai budaya yang baik kepada anak dengan usia yang masih dini berguna menciptakan karakter ynag baik. Pendidikan digunakan sebagai bekal untuknya saat melakukan interaksi dengan orang lain, baik teman di sekolah atau lingkungan keluarga di rumah.

2. Sebagai pengembang

Dalam pendidikan karakter tentunya dapat digunakan untuk mengembangkan potensi peserta diidk usia dini sehingga nantinnya anak dapat berperilaku baik.

3. Sebagai perbaikan

Pendidikan karakter dapat memperbaiki sistem pendidikan nasional agar dapat menciptakan peserta diidk yang bermartabat.

4. Sebagai penyaring

Pendidikan karakter juga dapat menyaring antar budaya Indonesia sendiri dengan bangsa lain. Pendidikan karakter dapat menjadi filter budaya yang tidak baik berasal dari bangsa lain.

Dengan adanya pendidikan karakter yang dilakukan sejak usia dini anak diharapkan dapat berperilaku baik sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku secara universal selain itu anak didik juga dapat mengembangkan kebiasaan untuk melakukan tradisi yang lebih religius. [*]

To Top