Nusantara

Arus Mudik di Terminal Kalideres Jakbar Meningkat, 2 Posko Pemeriksaan Disiapkan

Ilustrasi mudik lebaran di terminal bus (Foto: Antara)

VoIR Indonesia, Jakarta | Kepala Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Revi Zulkarnaen mengatakan jumlah penumpang arus mudik yang ingin pulang ke kampung halaman melalui Terminal Kalideres terus meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya, peningkatan ini terlihat bila dibandingkan selama masa pandemi.

Saat ini jumlah penumpang per hari mencapai 100 orang.

“Hari ini bahkan H-7 jumlahnya lebih banyak dari kemarin-kemarin,” kata Revi dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).

Adapun penumpang yang berangkat mudik rata-rata tujuan favorit kota Padang, Palembang, Lampung dan Jawa Tengah.

Kendati demikian, lanjut Revi, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama musim arus mudik maupun arus balik lebaran.

“Ada 2 titik lokasi di Terminal Kalideres untuk pemeriksaan syarat vaksin booster. Lokasinya ketika baru masuk ke terminal dan ketika penumpang akan membeli tiket di loket,” jelasnya.

Baca Juga:  Koramil 07/KB Gelar Karya Bakti Dalam Rangka Hari Juang Kartika 2021

Pihaknya juga memfasilitasi bagi pemudik yang hendak mendapatkan vaksin ketiga secara gratis.

“Vaksin booster gratis disiapkan atas kerjasama dengan puskesmas Kecamatan Kalideres, Polsek Kalideres dan Polres Metro Jakbar. Sedangkan klinik antigen berbayar kita bekerja sama dengan Kimia Farma,” beber Revi.

Sementara aplikasi PeduliLindungi masih menjadi syarat mutlak bagi pemudik yang akan berangkat melalui Terminal Kalideres.

“Penumpang wajib menunjukan aplikasi PeduliLindungi lalu di barcode oleh petugas Dishub di pos pemeriksaan sesuai surat edaran Menhub No 38 Tahun 2022,” terang Revi. [Can/Cun/Red]

To Top