Nusantara

Ronal Sihotang Resmikan Kantor Hukum dan Rumah SAHRO di Kalideres Jakbar

VoIR Indonesia, Jakarta | Pengacara yang juga politisi Ronal Sihotang, SH.,MH meresmikan Kantor Hukumnya di Jalan Prepedan Raya, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (14/2/2022).

Selain meresmikan kantor hukum, pengacara muda ini juga sekaligus meresmikan Rumah Sahabat Ronal Sihotang atau disingkat SAHRO.

Dalam acara peresmian kantor dan Rumah SAHRO yang diselenggarakan secara sederhana itu, hadir sejumlah rekan dan kerabat, serta sahabat-sahabat Ronal baik dari sesama pengacara maupun dari lintas partai dan ormas.

Acara yang bertepatan dengan Hari Kasih Sayang (Valentine Day) itu dirangkai dengan sejumlah acara mulai dari ibadah singkat, dilanjut pembacaan doa lintas agama, acara peresmian dan pemotongan nasi tumpeng.

Acara pemotongan nasi tumpeng sebagai rangkaian peresmian (Foto: Istimewa)

Lalu, sejumlah sambutan dari undangan yang hadir, kemudian deklarasi SAHRO dan di akhir acara karena bertepatan dengan Hari Kasih Sayang, Sahabat Ronal Sihotang membagikan cokelat kepada pengendara yang lewat di depan Rumah SAHRO di Jalan Prepedan Raya.

Dalam sambutannya, Ronal mengatakan peresmian kantor hukum miliknya ini diharapkan dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat utamanya yang ada di wilayah Kecamatan Kalideres dan Cengkareng, serta di Jakarta Barat pada umumnya.

Ia juga berharap semoga kantor hukum ini dapat berguna dan membantu masyarakat yang mau mendapatkan keadilan dalam hukum.

“Semoga kantor ini dapat membantu dalam penyelesaian permasalahan hukum yang dialami oleh masyarakat utamanya yang tinggal di wilayah Jakarta Barat,” ujar Ronal yang juga Bendahara di ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Jakarta Barat itu.

Tak hanya itu, kata Ronal, di kantor ini juga bakal jadi Rumah Sahabat Ronal Sihotang atau SAHRO yang nantinya SAHRO ini akan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk dalam pendampingan di bidang hukum.

Usai acara, Sahabat Ronal Sihotang membagikan cokelat yang bertepatan dengan Hari Kasih Sayang (Foto: Istimewa)

Ronal juga tidak menampik bahwa keberadaan Sahabat Ronal Sihotang atau SAHRO ini dibuat untuk rencana politiknya di tahun 2024 mendatang.

“Semoga kantor hukum dan Rumah SAHRO ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Mari bergabung bersama SAHRO. Ini rumah kita, di sini kita dapat berdiskusi untuk membuat ide-ide dan rencana ke depan,” kata Penasehat di sejumlah ormas nasional di Jakarta Barat itu.

Sementara DF Ringo, Ketua Pemuda Batak Bersatu DPD DKI Jakarta yang ikut hadir didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Jois Panjaitan dan jajaran mengungkapkan apresiasi dan mendukung apa yang dibuat Ronal Sihotang yang juga menjabat sebagai Penasehat di Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat.

SAHRO, Sahabat Ronal Sihotang (Foto: Istimewa)

Pada kesempatan itu, DF Ringo mengatakan rencana dan niat besar Ronal untuk mencapai mimpinya harus benar-benar dipersiapkan matang dan didukung oleh orang-orang yang militan dan solid serta punya pencapaian atau target membawa kemenangan mimpi Ronal ke depan.

Orang nomor satu di Pemuda Batak Bersatu DPD DKI Jakarta itu juga mengingatkan agar Pemuda Batak Bersatu Pimpinan Anak Cabang (PAC) yang ada di Kecamatan Kalideres dan Cengkareng harus memekarkan diri membentuk anak ranting di setiap kelurahan sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan saling mendukung.

Baca Juga:  Media Independen Online Indonesia Jakarta Barat Berbagi Bingkisan kepada Insan Pers

Selain dihadiri tamu dan undangan, acara ini juga dihadiri Sahabat Ronal Sihotang dari Kecamatan Kalideres dan Cengkareng.

Acara peresmian kanto hukum dan Rumah SAHRO ini berjalan baik dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Mengenal Ronal Sihotang

Ronal Sihotang merupakan salah satu pengacara muda di DKI Jakarta.

Dedikasi dan loyalitas dengan slogan Hadir untuk Melayani, Bukan untuk Dilayani adalah bagian prinsip hidup sosok pengacara kelahiran asal Medan, 4 November 1980 ini.

Berkarir sebagai seorang pengacara atau advokat sudah menjadi cita-cita Ronal sejak kecil.

Ronal merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan J. Sihotang dan T. Br Sihombing.

Setelah lulus SMU Husni Thamrin Medan tahun 1999, ia kemudian melanjutkan kuliah S-1 Fakultas Hukum di Universitas HKBP Nommensen Medan.

Semasa kuliah, ia pernah terdaftar dan aktif di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Usai mengantongi ijazah sarjana hukum tahun 2004, Ronal hijrah ke Jakarta, bekerja sebagai pengacara dan aktif di sejumlah organisasi hukum seperti Serikat Pengacara Indonesia (SPI) terdaftar sebagai anggota DKI Jakarta tahun 2005.

Kemudian, tahun 2007, Ronal terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI untuk wilayah Jakarta Barat.

Tahun 2008 ia pernah dipercaya menjabat Ketua LPPH Jakarta Barat di organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila (PP).

Untuk memantapkan cita-citanya menjadi pengacara di Jakarta, tahun 2020, ia melanjutkan studi Magister Hukum di Universitas Jayabaya, Jakarta Timur dan lulus tahun 2020.

Sebagai advokat yang berlisensi PERADI, ia telah menangani banyak kasus hukum.

Dalam beberapa tahun belakangan, ia dipercaya menjadi pengacara di sejumah kepolisian sektor di wilayah Jakarta Barat.

Di sela-sela kesibukannya di Jakarta sebagai pengacara, Ronal juga terjun di dunia politik.

Tahun 2015 sampai sekarang, Ronal aktif di Partai Golongan Karya (Golkar) dan dipercaya menjadi pengurus DPD II Jakarta Barat.

Ronal Sihotang bersama istri dan ketiga anaknya (Foto: Istimewa)

Tak hanya itu, tahun 2017, ia dipercaya menjadi Sekretaris Jakarta Barat di Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dan tahun 2020, ia dipercaya lagi menjabat Biro Hukum DPD I DKI Jakarta di Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Partai Golkar.

Perjalanan dan proses hidup yang dialami di Jakarta inilah yang membuat Ronal bertekad kuat untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama manusia, hadir untuk melayani, bukan untuk dilayani.

“Saya belajar dari kerasnya kehidupan yang telah saya lalui yang sedikit banyaknya membentuk karakter saya, mengadu nasib dirantau, semua itu memberi semacam nasehat kehidupan bahwa kerja keras merupakan kata kunci untuk meraih sukses. Spirit itulah yang mendorong saya selalu bekerja melayani dan bukan dilayani,” kata Ronal.

Ronal menikah dengan Natalany Yohana Hutauruk. Tuhan menganugerahi mereka tiga orang anak yakni Josephine Hartati Sihotang, Judika Enrico P. Sihotang dan Jocelyn Naro Sihotang.

Lahir sebagai darah Batak, Ronal tentu tak ingin meninggalkan jati dirinya sebagai keturunan bangso Batak.

Ia aktif sebagai anggota di perkumpulan marga istrinya, Perkumpulan Marga Hutauruk di wilayah Jakarta Barat, dan di Perkumpulan Marga Sihotang wilayah Jakarta Barat sebagai anggota.

Tak hanya itu, saat ini Ronal juga dipercaya menjadi Penasehat di sejumlah ormas kemasyarakatan nasional di Jakarta Barat, seperti Paguyuban Pemuda Batak Bersatu (PBB), Forum Batak Intelektual (FBI) dan Horas Bangso Batak (HBB). [*]

To Top