Hukum

Bobol Warung, Pemuda Pengangguran di Ketapang Diamankan Polisi

VoIR Indonesia, Ketapang | Satuan reserse kriminal (Reskrim) Polres Ketapang Kalimantan Barat berhasil mengamankan seorang pemuda yang diduga sebagai pelaku pencurian dengan pemberatan di sebuah warung milik warga, Minggu (30/1/2022) pukul 01.00 WIB dini hari.

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana melalui Kasat Reskrim AKP Primastya menyampaikan bahwa penangkapan pelaku berinisial ER (18), seorang pemuda pengangguran, warga Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang tersebut berdasarkan laporan polisi yang dibuat oleh korban atau pelapor yakni Rosi (29) warga Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan.

Sementara itu, aksi pencurian yang dilakukan pelaku tersebut bermula pada hari Minggu (30/01/2022) sekira pukul 01.00 WIB, dimana pada saat itu korban bersama istrinya sedang tertidur di dalam warung miliknya.

Pada pukul 04.30 WIB, korban bangun bersama istrinya dan mencari handphone miliknya yang sudah tidak ada, saat melihat ke dalam warung, didapati korban kondisi warung yang sudah berantakan.

“Korban lalu mengecek sekeliling warung dan melihat dinding papan di belakang warung sudah dirusak oleh pelaku dengan cara mencongkel sehingga pelaku dapat masuk ke dalam warung,” tambah Kasat.

Lanjutnya, karena curiga korban selanjutnya mengecek seluruh barang-barang yang ada di dalam warung dan didapatinya, selain sebuah handphone merek Iphone jenis Xr warna putih, korban juga kehilangan uang tunai sebesar 600 ribu rupiah serta 78 bungkus rokok berbagai merek yang sudah raib digondol pelaku.

Baca Juga:  Ustaz Abdul Somad Dikabarkan Dipecat sebagai Dosen karena Temui Prabowo

Setelah mendapat laporan adanya aksi pencurian itu, jajaran Opsnal Sat Reskrim Polres Ketapang langsung melakukan penyelidikan dan tak lama setelah kejadian, yaitu Minggu (30/01/2022) sekira pukul 11.00 WIB, petugas berhasil mengamankan pelaku ER beserta barang bukti hasil kejahatan dari tangan pelaku yakni satu unit handphone merek Iphone jenis Xr warna putih, uang tunai sebesar 600 ribu rupiah serta 78 bungkus rokok berbagai merek.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku yang kini telah ditahan di rumah tahanan Polres Ketapang terancam hukuman penjara paling lama lima tahun penjara sesuai pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan.

Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh warga untuk lebih memastikan keamanan rumah dan lingkuang dengan mengunci aman rumah atau warung serta dapat memasang CCTV sebagai bentuk antisipasi.

“Mari kita jadi polisi bagi diri sendiri dan tetap selalu waspada terhadap segala bentuk potensi kejahatan,” Kasat. [Raden Asmun]

To Top