Keamanan

Kemenhub Bakal Screening Truk Masuk Kota

Jakarta, VoIR Indonesia | Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan evaluasi terhadap jam operasional kendaraan berat yang akan masuk ke kota.

Utamanya kendaraan logistik seperti truk.

Hal itu dilakukan imbas kecelakaan beruntun di Simpang Muara Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat, 21 Januari 2022 lalu.

Ke depan, kami akan melakukan evaluasi terhadap jam operasional kendaraan berat dan terus melakukan pengawasan terhadap angkutan barang yang akan masuk ke kota baik dari pelabuhan maupun dari luar kota,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam pernyataan tertulis, dikutip Minggu (23/1/2022).

Budi mengatakan, Kemenhub juga akan melakukan pengelolaan batas kecepatan kendaraan berat di wilayah rawan kecelakaan, utamanya di ruas jalan terdampak.

Baca Juga:  Investasi Jumbo, PLTA Kayan Cascade Bakal Jadi Warisan Jokowi untuk Energi Bersih

Selain itu, Budi menambahkan, pihaknya mempertimbangkan perlunya jalur khusus angkutan barang terutama di wilayah yang memiliki risiko kecelakaan.

Terkait kecelakaan maut kendaraan berat di Balikpapan, Budi mengingatkan uji KIR penting dilakukan.

Pengujian itu untuk memastikan kendaraan yang digunakan layak, aman, dan selamat.

Budi mengimbau kepada pelaku usaha khususnya angkutan barang lebih mengutamakan aspek keselamatan.

“Ini menjadi pembelajaran yang serius bagi setiap pelaku usaha untuk mengedepankan aspek keselamatan saat berkendara,” tandasnya. [Red]

To Top