Nusantara

Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakbar Periode 2021-2024 Resmi Dilantik

Pengurus dab undangan berfoto besama (Foto: Istimewa)

JAKARTA, VoIR Indonesia | Puluhan kader Pemuda Katolik se-DKI Jakarta dan para tamu undangan memadati Ruang Pertemuan Maple Hotel di Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (22/1/2022).

Mereka menghadiri kegiatan pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta dan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Anak Cabang Kecamatan Cengkareng dan Kecamatan Kebon Jeruk untuk masa bakti 2021-2024.

Felix Purnama selaku Ketua Pelaksana melaporkan bahwa kegiatan pelantikan ini mengambil tema “Pemuda Katolik Bergerak dalam Tantangan dan Persoalan Sosial Masyarakat.”

Sebelum acara pelantikan, terlebih dahulu calon pengurus dibekali dengan kegiatan Pembekalan Calon Pengurus pada hari Kamis, 20 Januari 2022.

Dalam kegiatan pelantikan ini, turut dihadiri oleh Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat Bapak Moh. Matsani mewakili Walikota Jakarta Barat, Pastor Moderator Pemuda Katolik DKI Jakarta Romo Adrianus Suyadi SJ, Ketua Pemuda Katolik DKI Jakarta Robertus Bondan Wicaksono, Ketua Pemuda Katolik Jakarta Barat Periode 2018-2021 (demisioner) Haposan Sinaga.

Termasuk para undangan seperti Camat Grogol Petamburan, Lurah Tanjung Duren Utara, ormas kepemudaaan se-Jakarta Barat yakni GP Ansor, Gusdurian, Peradah, Pakin serta para kader Pemuda Katolik se-DKI Jakarta.

Johanes Hardi pasca dilantik sebagai Ketua Pemuda Katolik Jakarta Barat menyampaikan sambutannya bahwa sudah seharusnya Pemuda Katolik Jakarta Barat bergerak dalam menghadapi tantangan dan persoalan sosial yang terjadi di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya.

Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Barat Periode 2021-2024 (Foto: Istimewa)

“Kita harus bergerak menghadapi tantangan dan persoalan sosial bekerjasama dengan segala pihak baik pemerintah dan organisasi-organisasi kemasyarkatan lainnya,” ujar Johanes.

Menurut Johanes setidaknya ada lima persoalan yang menjadi fokus yaitu pertama persoalan pandemi Covid 19, kedua darurat kebencanaan, ketiga toleransi, keempat kejahatan dan kekerasan seksual, serta kelima penghormatan terhadap martabat manusia.

Baca Juga:  Aksi Demo Ribuan Karyawan PT WHW Ketapang Tuntut Manajemen Buka Lockdown Perusahaan

“Ini sejalan dengan semangat Arah Dasar KAJ saat ini,” jelas Johanes.

Robertus Bondan Wicaksono selaku Ketua Pemuda Katolik DKI Jakarta yang melantik, dalam sambutannya menyampaikan perlunya dibentuk struktur Pemuda Katolik sampai tingkat kelurahan (pengurus ranting) dan perlu juga ditambah Komisariat Anak Cabang di seluruh wilayah kecamatan lainnya di Jakarta Barat.

“Ini menjadi penting karena persoalan sosial kemasyarakatan yang ada justru ada di lapisan bawah seperti di tingkatan RT/RW,” ucap Robertus.

Sementara Yohanes Rudy selaku Dewan Pembina sangat mendukung kegiatan Pemuda Katolik karena kegiatan lintas agama memerlukan peran aktif dari pemuda.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Pastor Moderator Romo Adrianus Suyadi SJ dan sekaligus mengingatkan perlunya fokus program kerja Pemuda Katolik sesuai dengan Ardas KAJ dan gerakan Pemuda Katolik harus bersinergi dengan program pemerintah agar terwujudnya slogan Pro Ecclesia Et Patria dan Pro Bono Publico secara nyara di masyarakat.

“Program kerja Pemuda Katolik harus sesuai Ardas KAJ dan bersinergi dengan program pemerintah,” pesan Romo.

Tidak ketinggalan, Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat Moh. Matsani yang berkenan hadir mewakili Walikota Jakarta Barat menyampaikan selamat kepada pengurus terpilih dan harapannya Pemuda Katolik Jakarta Barat sebagi ormas harus solid dengan ormas lainnya dan Kesbangpol siap medukung seluruh program dan kegiatan Pemuda Katolik Jakarta Barat.

Berikut kepengurusan inti Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Barat serta Komisariat Anak Cabang Kecamatan Cengkareng dan Kecamatan Kebon Jeruk periode 2021-2024.

Komisariat Cabang Jakarta Barat:

Johanes Hardi (Ketua)

Marcelus Maurits Astari (Sekretaris)

Alexander Da Umar (Bendahara)

Komisariat Anak Cabang Kecamatan Cengkareng:

Petrus Hengky (Ketua)

Rochus Gonzales Neto (Sekretaris)

Darian Edmond (Bendahara)

Komisariat Anak Cabang Kecamatan Kebon Jeruk:

Felix Purnama (Ketua)

Rosaria Nugraheni (Sekretaris)

Albertus Ure (Bendahara)

[Red]

To Top