Nusantara

Meski Tempuh Perjalanan 4 Hari, Medis dan Muspika Senang Vaksinasi di Pedalaman Ketapang

Tim Medis dan Muspika Hulu Sungai semangat lakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di daerah pedalaman Ketapang (Foto: Istimewa)

KETAPANG, VoIR Indonesia | Kabupaten Ketapang di Kalbar memiliki luas wilayah 31.588,00 km² dan berpenduduk 570.657 jiwa.

Kabupaten ini memiliki 20 kecamatan dan 253 desa serta dusun yang terpencil termasuk terletak di daerah pedalaman.

Salah satu daerah pedalaman di Kecamatan Hulu Sungai tidak mudah untuk dijangkau.

Ke kota Kecamatan saja sulit, apalagi ke desa-desa yang ada di Kecamatan Hulu Sungai.

Meski harus melalui medan yang berat dan sulit karena harus melewati jalur sungai yang deras dan riam-riam berbatu dengan jarak tempuh lebih dari 6 jam.

Namun hal itu tidak mengendorkan semangat Tim Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Hulu Sungai pimpinan Kapolsek Sandai Polres Ketapang, IPTU Fanni Athar Hidayat.

Juga Tim Kesehatan Puskesmas Hulu Sungai dipimpin Kapala Puskesmasnya, Ns Wahyu Saputra untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 ke desa pedalaman di Kecamatan Hulu Sungai itu.

Baca Juga:  Arifin Tasrif Dorong Generasi Milenial Terlibat Percepatan Transisi Energi

“Rombongan kita dibagi menjadi dua tim pergi ke Desa Kenyabur dan Kriau Hulu di Kecamatan Hulu Sungai. Medan yang berat dan sulit tidak mengendorkan rombongan melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat hingga ke pedalaman Ketapang,” ucap Kapolsek.

Kapolsek berterimakasih kepada kepala desa dan masyarakat setempat yang antusias ingin mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut.

“Dalam kegiatan ini lebih kurang 800 dosis diberikan untuk masyarakat di dua desa tersebut. Meski tim harus begerak ke rumah-rumah terpencil untuk melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

“Bahkan tim kesehatan dan rombongan harus bermalam di desa pedalaman itu selama empat hari karena jarak tempuh yang jauh dan medan sulit. Tapi kita senang karena sambutan masyarakat sangat antusias sehingga kegiatan berlangsung lancar dan sukses,” tutur Kapolsek. [Raden Asmun]

To Top