EkBis

Laku Keras di Mesir, Ekspor Kopi Indonesia Ditargetkan Capai Rp 70 Miliar di 2022

Laku Keras di Mesir, Ekspor Kopi Indonesia Ditargetkan Capai Rp 70 Miliar di 2022

VoIR Indonesia, Mesir | Kopi dari Indonesia ternyata laku keras di Mesir. Hal ini mendorong perwakilan RI di negara tersebut untuk meningkatkan transaksi perdagangan antara kedua negara, khususnya ekspor komoditas pertanian tersebut ke saba.

Dalam upaya meningkatkan volume ekspor Indonesia ke Mesir, KBRI Kairo menfasilitasi transaksi dagang kopi antara pelaku usaha Indonesia dengan pengusaha Mesir di Ruang Utama KBRI Kairo (04/01/2022).

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf menekankan pentingnya para pelaku usaha untuk menjaga kualitas dan ketersediaan produksi kopi. Sehingga rantai pasok kopi asal Indonesia bisa tetap terjaga.

“Permintaan akan produk kopi Indonesia di Mesir semakin hari semakin meningkat sehingga dibutuhkan perhatian dalam menjaga rantai pasok kopi ke Mesir,” kata Dubes Lutfi sebagaimana dikutip di laman Kementerian Luar Negeri RI (6/1/2022).

Dubes RI Lutfi Rauf juga menyampaikan, tahun 2022 ini genap 75 tahun terjalinnya hubungan bilateral Indonesia-Mesir sehingga saat ini adalah momentum yang tepat guna mempererat peningkatan hubungan ekonomi perdagangan Indonesia-Mesir.

Baca Juga:  4 Rekomendasi BNPB Perihal Erupsi Gunung Semeru

Kali ini, perusahaan Mesir Egypt Coffee Export (Moca Coffee) membeli kopi Indonesia dari PT Aka Azhariyah Group. 

“Moca Coffee mengawali trial order sebanyak dua kontainer dengan kapasitas 40 ton, yang setelahnya akan dilanjutkan repeat order sebanyak 10 kontainer per bulannya selama tahun 2022.

Dengan demikian potensi transaksi yang dapat dibukukan selama satu tahun dapat mencapai lebih dari USD 5 juta atau diatas Rp. 70 miliar,” ungkapnya.

Dubes Lutfi mengatakan bahwa tingginya permintaan produk kopi di Mesir sehingga perlu upaya dan strategi berkelanjutan untuk mempertahakan posisi Indonesia di pasar kopi Mesir.

“Berdasarkan data BPS Januari-November 2021 ekspor kopi Indonesia ke Mesir bernilai USD109,80 juta, naik 67,40% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar USD65,59 juta,” ungkap Lutfi.

Selain itu, Perwakilan Marketing Internasional PT Aka Azhariyah Group menyampaikan terima kasih atas dukungan dan fasilitasi KBRI Kairo dalam mempromosikan dan menegosiasikan produk kopi unggulan Indonesia. [Red]

To Top