Hukum

Curi Sarang Burung Walet, Seorang Pemuda di Ketapang Diamankan Polisi

Pelaku dan barang bukti diamankan di Polres Ketapang

VoIR Indonesia, Ketapang | Seorang pemuda inisial AG (27) beralamat di Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang diamankan anggota Reskrim Polres Ketapang lantaran terbukti melakukan pencurian di sebuah bangunan sarang walet di Jalan Merdeka Kecamatan Delta Pawan Ketapang, Selasa (4/1/2022).

Kronologi penangkapan pelaku, bermula saat anggota SPKT Polres Ketapang menerima laporan adanya peristiwa pencurian di sebuah rumah walet milik seorang warga bernama Hendra (44) yang beralamat di Jalan Merdeka Kelurahan Kantor Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang pada Rabu (08/12/2021) lalu.

Korban mengetahui bahwa rumah walet miliknya dimasuki oleh 2 orang tak dikenal tanpa seizinnya melalui kamera cctv, salah satu pelaku itu AG.

Saat itu korban pun langsung mengajak teman-temannya untuk mengecek situasi di dalam rumah walet tersebut namun ternyata kedua pelaku sudah melarikan diri.

Dari kejadian tersebut, beberapa sarang walet milik korban hilang diambil oleh pelaku dengan kerugian sekitar Rp 7.500.000. Kejadian ini pun langsung dilaporkan korban ke Polres Ketapang.

Baca Juga:  Oknum Sekdis di Jajaran Pemkab Asahan Diamankan Polisi Saat Asyik Nyabu dengan Teman

Kapolres Ketapang melalui Kasat Reskrim AKP Primastya menerangkan bahwa setelah adanya laporan dari korban terkait peristiwa tindak pidana pencurian sarang walet milik korban, Satuan Reskrim langsung melakukan penyelidikan di lapangan untuk menemukan barang bukti kejahatan serta keberadaan kedua pelaku.

“Berdasarkan olah TKP serta penyelidikan di lapangan, akhirnya kita dapat mengamankan salah satu pelaku yang berinisial AG beserta beberapa barang bukti yang dilakukan pelaku saat beraksi membobol rumah wallet milik korban,” ujar Primas.

Ditambahkannya, dari penangkapan pelaku AG, diamankan pula beberapa barang bukti seperti 2 buah pipa paralon, 1 buah gergaji, 1 buah pahat, 3 buah besi, 1 buah gear sepeda motor serta beberapa buah sarang walet.

Pelaku sendiri terancam dengan Pasal 363 KUHP yaitu Pencuran dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun. [Raden Asmun]

To Top