Kesehatan

PTM Terbatas di DKI Dibuka Kembali Setiap Hari Bisa 100%

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria

VoIR Indonesia, Jakarta | Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan program vaksinasi Covid-19 di Ibukota telah melampaui target.

Hal inilah yang menjadi pertimbangan Pemprov DKI untuk membuka sekolah setiap hari dengan kapasitas bisa 100%.

“Tentu kita lihat angka vaksin sudah 120 persen di DKI. Sekarang kita tinggal menyisir beberapa yang kurang terutama anak-anak 6-11 tahun. Kemudian juga Covid-nya kita tahu angkanya terus menurun, harian juga terus turun,” kata Riza kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Di samping itu, Riza juga meyakini masyarakat sudah bijak dan cerdas menghadapi pandemi Covid-19, sehingga pelonggaran terhadap aktivitas di bidang pendidikan mulai bisa diterapkan.

“Masyarakat sudah semakin cerdas, semakin baik, bisa bekerja sama. Tentu semuanya sesuai dengan prestasi yang ada. Keberhasilan yang ada perlu pelonggaran-pelonggaran, terutama di bidang pendidikan,” ujarnya.

Politikus Gerindra itu juga menyadari ancaman penularan varian baru Covid-19 varian Omicron masih ada. Namun sekali lagi, dia optimistis cakupan vaksinasi yang sudah luas mampu menangkal masifnya penyebaran virus Omicron.

“Jadi memang tantangan kita sekarang adalah Omicron. Kami minta masyarakat tetap berada di rumah sebagai tempat terbaik dan laksanakan prokes 5M,” imbuhnya.

Baca Juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, PT Citra Shipyard Perketat Pemeriksaan Kesehatan Karyawan

Sebagaimana diketahui, sekolah di Jakarta menggelar tatap muka terbatas setiap hari mulai besok.

Kapasitas ruang kelas bisa terisi 100 persen dengan durasi belajar 6 jam.

“PTM Terbatas dilaksanakan setiap hari. Jumlah peserta didik dapat 100% dari kapasitas ruang kelas dengan lama belajar paling banyak 6 jam pelajaran per hari,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana melalui keterangan tertulis, Minggu (2/1/2022).

Nahdiana menuturkan ketentuan ini merujuk pada SKB 4 Menteri tertanggal 21 Desember 2021 Nomor 05/KB/2021, Nomor 1347 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/6678/2021, dan Nomor 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Serta, SK Kepala Dinas Pendidikan Nomor 1.363 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. SKB tersebut mengizinkan daerah status PPKM level 1 menggelar PTM terbatas setiap hari dengan sejumlah ketentuan.

Di antaranya, capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80%.

Kemudian, capaian vaksinasi dosis 2 pada masyarakat lansia di atas 50%, serta vaksinasi terhadap peserta didik yang terus berlangsung sesuai ketentuan perundang-undangan di tingkat kota/kabupaten. [Sukirman]

To Top