Hukum

Sofyan Djalil Sebut Bank Tanah Akan Diresmikan Pada 2022

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil

VoIR Indonesia, Jakarta | Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan bahwa pada 2022 rencananya akan diresmikan Bank Tanah sebagai land manager.

Hanya, dia belum menyebutkan secara spesifik waktu peresmian lembaga badan hukum dengan kewenangan khusus mengatur dan mengelola tanah itu.

“Melalui Bank Tanah, akan jauh lebih mudah. Contoh, HGU yang habis dapat kita tata kembali untuk keadilan pertanahan yang lebih baik. Biasanya HGU habis, tetapi tidak ada perpanjangan maupun penyelesaian yang jelas,” ujar Sofyan saat pembagian sertifikat tanah di Sumatera Utara, Selasa (28/12/2021).

Menurut dia, Pemerintah peduli tentang redistribusi tanah dan keadilan masalah pertanahan. Sehingga tanah telantar seperti HGU yang tidak terurus akan dijadikan tanah Reforma Agraria.

“Kita tata secara baik sesuai aturan sehingga tujuan redistribusi tanah dapat dicapai,” imbuh Sofyan.

Baca Juga:  Raffi Ahmad dan Andre Taulany Terancam Dipolisikan, Ternyata Ini Masalahnya

Soal peresmian maupun pengoperasian Bank Tanah pada 2022 mendatang sejatinya sudah pernah disinggung oleh Presiden Jokowi saat Kongres Ekonomi Umat ke-2 MUI tahun 2021 pada 10 Desember 2021 lalu.

“Mungkin InsyaAllah bulan ini (Desember 2021) sudah saya mulai atau mungkin bulan depan (Januari 2022) akan saya mulai untuk saya cabut satu per satu yang ditelantarkan,” beber Presiden.

Menurut Jokowi, banyaknya tanah telantar sangat meresahkannya. Oleh sebab itu, jika nanti Bank Tanah sudah mulai berjalan, lahan tersebut akan dicabut, dimasukkan ke Bank Tanah, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan.

“Akan banyak sekali yang kita cabuti, lebih dari 20 tahun, lebih dari 30 tahun. Agar semua lahan yang kita miliki itu betul-betul produktif,” pungkasnya. [Red]

To Top