Properti

Resmi! BP Tapera Jadi Penyalur Kredit Rumah Murah

BP Tapera Jadi Penyalur Kredit Rumah Murah

VoIR Indonesia, Jakarta | Pengelolaan dana subsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) resmi berpindah tangan ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Di mana sebelumnya dipegang Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Layanan FLPP secara resmi sejak hari ini akan beralih ke BP Tapera sebagai amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2016 dan PP Nomor 25 Tahun 2020 yang ditindaklanjuti PMK Nomor 111 Tahun 2021,” kata Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, Jumat (24/12/2021).

Penandatanganan peresmian tersebut dilakukan antara PPDPP, BP Tapera, dan 48 bank yang menjadi mitra penyalur FLPP.

Menurut Arief, PPDPP telah mulai melakukan transfer dana subsidi dengan skema FLPP kepada BP Tapera pada 22 Desember 2021 sehingga transfer dana tahap pertama telah selesai dilakukan.

Dari hasil transfer tersebut kami wajib melakukan tanda tangan BAST (Berita Acara Serah Terima) yang akan ditandatangani hari ini. Setelahnya kami wajib mengalihkan hak dan kewajiban dari PPDPP bersama dengan perbankan ke BP Tapera,” ucapnya mengutip antaranews.

Baca Juga:  Gelar Rapat Terbatas, Orsap Gekira Tindaklanjuti Hasil Rapimnas Partai Gerindra 2022

Selanjutnya PPDP akan membuat laporan keuangan penutup dan melakukan transfer sisa dana FLPP kepada BP Tapera dari hasil rekonsiliasi bersama 48 perbankan.

“Kami diamanatkan untuk mengalihkan seluruh SOP atau tata laksana dan tata kelola dalam rangka penyaluran FLPP ke BP Tapera, dan itu sudah kami tandatangani dan serahkan ke BP Tapera,” kata Arief.

Sepanjang Januari sampai 31 Oktober 2021, PPDPP menyalurkan dana subsidi FLPP senilai Rp19,55 triliun atau setara dengan 178.728 unit rumah, yang menjadi capaian tertinggi tahunan PPDPP. Unit rumah yang mendapatkan subsidi FLPP ini setara 113 persen dari target PPDPP.

“Total penyaluran FLPP yang dilakukan PPDPP sejak 2010 hingga penghujung 31 Oktober 2021, PPDPP berhasil menyalurkan FLPP sebesar Rp75,17 triliun untuk 943.583 unit rumah subsidi,” ucapnya. [Red]

To Top