Dunia

Jangan Kaget! RI Bakal Punya ‘Tetangga Dekat’ Baru

Kepulauan Solomon (Foto: Internet)

VoIR Indonesia, Jakarta | Indonesia akan segera miliki negara tetangga yang baru. Negara itu bernama Bougainville yang terletak di wilayah Kepulauan Solomon.

Hal ini sendiri terjadi setelah referendum 2019 lalu. Negara yang sebelumnya merupakan bagian integral dari Papua Nugini itu memenangkan referendum kemerdekaan dengan 98,1% warga wilayah itu mendukung rencana tersebut.

Pada Juli 2021, terjadi kesepakatan pelimpahan kekuasaan antara Papua Nugini dengan Bougainville. Rencananya Bougainville akan sepenuhnya merdeka pada 2027 mendatang.

Sebelum pencapaian kesepakatan dan referendum ini, Bougainville sendiri sudah terlibat dalam aksi-aksi pelepasan diri.

Melansir situs ensiklopedia Britannica, pemberontakan rakyat negara pulau itu terjadi pada tahun 1988.

Saat itu sentimen ini dimotori rasa tidak puas penduduk Bougainville atas jatah operasi tambang tembaga di daerah Panguna. Hal ini membuat tambang itu akhirnya ditutup pada 1989.

Baca Juga:  Secara Resmi, Amerika Serikat Memberitahu PBB Keluar dari WHO

Setelah itu, konflik mulai semakin panas dengan banyaknya faksi militer yang muncul di wilayah itu.

Ini termasuk Tentara Revolusioner Bougainville dan Pasukan Perlawanan Bougainville. Kelompok pemberontak ini pun sukses menguasai pulau itu sepenuhnya pada 1991.

Penguasaan ini akhirnya membuat Port Moresby meradang. Negara yang mayoritas masih berada di wilayah Pulau Papua itu akhirnya meluncurkan agresi militer untuk merebut kembali Bougainville. Tak lama, pulau itu berhasil direbut kembali.

Pada 2001, kelompok separatis di Bougainville dan Pemerintah Papua Nugini akhirnya mencapai kesepakatan damai.

Dalam kesepakatan itu, Papua Nugini memberikan Bougainville status otonomi khusus serta janji referendum. Referendum lantas diadakan antara 23 November hingga 7 Desember 2019 dan hasilnya diumumkan pada 11 Desember. [Red]

To Top