Nusantara

Disperindag Sidak Sejumlah Swalayan di Pontianak

VoIR Indonesia, Pontianak | Sejumlah swalayan di Provinsi Kalimantan Barat disidak oleh dinas perindustrian dan perdagang (Disperindag) Kota Pontianak.

Pemerintah pusat melalui Disperindag Provinsi Kalbar/Kota bersama Asosial Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Kalbar dan Willmar menyalurkan 11 juta liter minyak goreng dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Prov Kalbar, Syarif Kamaruzaman menyampaikan pihaknya sudah berkordinasi dengan penyedia, Willmar dan Aprindo untuk segera menyalurkan minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000. Hal ini mendorong program pemerintah pusat.

“Minggu ini akan menyalurkan 1.000 karton melalui ritel Aprindo, Alfamart dan Indomaret, Willmar juga melakukan operasi pasar karena masih dibenarkan jual curah agar penyaluran minyak goreng bisa langsung ke pasar-pasar tradisional. Sehingga kebijakan ini sampai kepada masyarakat dengan tepat sasaran,” kata Syarif Kamaruzaman kepada media di Garuda Mitra Pontianak, Kamis (23/12/2021).

Lanjutnya, Kamaruzaman terus melakukan monitor dan evaluasi terkait kebijakan pemerintah dan dibantu Disperindag Kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Karena Pembelian minyak goreng program pemerintah dibatasi hanya satu orang 1 kilogram.

“Allhamdulillah di Kota Pontianak berjalan dengan baik dan disambut oleh Owner Garuda Mitra yang sangat merespon kebijakan ini, sehingga masayarakat bisa memanfaatkan menjelang Nataru,” ucapnya.

Baca Juga:  Asyik! Besok Valentine Day, Ini 5 Coklat Termahal di Dunia

Kebijakan pemerintah pusat hanya 11 Juta liter se-Indonesia. Namun perusahaan Willmar sudah mendistribusikan sebanyak 500 kardus karton dalam minggu ini yang didistribusikan ke Alfamart dan Indomaret untuk mendorong stabilnya harga minyak goreng.

Kemudian pemerintah terus melakukan evaluasi dan pemantauan kelokasi demi menjaga stabilnya harga dilapangan.

Ketua Asosial Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Kalbar, Daniel Edwar Tangkau menambahkan penyaluran minyak goreng dengan harga per liter Rp 14.000 dalam rangka menyambut Nataru. Hal ini dalam mendukung program pemerintah.

“Pesar swalayan Garuda Mitra, Mitra Anda dan Supermarket lainya yang bergabung dengan Aprindo mendukung penuh program pemerintah menyambut Nataru,” jelasnya.

Aprindo Kalbar bekerjasama dengan Willmar mendorong progran pemerintah menyalurkan minyak goreng melalui anggota di beberapa Alfamart dan Indomaret untuk kebutuhan masyakat dengan harga Rp 14.000 merek Fortune.

“Kita hanya mendorong program pemerintah supaya sukses, dan ini demi kepentingan masyarakat dengan harga murah Rp 14.000. Bersyukur Willmar yang mau bekerjasama, bukan berarti yang lain tidak,” tutupnya. [Raden Asmun]

To Top