Hukum

112 Personel Polres Bengkayang Siap Amankan Pilkades 2021

(Foto: Istimewa)

VoIR Indonesia, Bengkayang | Sebanyak 112 personel Polres Bengkayang Polda Kalbar digeser untuk melakukan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021.

Pergeseran tersebut dilakukan dalam gelar Apel yang dipimpin oleh Kapolres Bengkayang AKBP Arif Agung Winarto, Jumat (17/12/2021).

Kepada personel yang melaksanakan pengamanan TPS, Kapolres Bengkayang mengatakan pada saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang diumumkan oleh Presiden bahwa Virus Omicron sudah masuk di Indonesia.

“Oleh karena itu saya minta rekan-rekan pertama kali jaga diri masing-masing agar terhindar dari Covid-19, kemudian mengimbau masyarakat untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan terutama yang paling penting memakai masker,” katanya.

Bagi anggota yang melaksanakan pengamanan TPS Pemilihan Kepala Desa, AKBP Arif Agung Winarto meminta untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya.

“Pengamanan harus ada SOP yang harus anda laksanakan, bagaimana anda harus mengamankan TPS, bagaimana mengamankan suatu perhitungan suara, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh itu semua sudah diatur,” pintanya.

“Saya tidak mau anggota saya berkerja tidak tau tugasnya di lapangan apa. Jadi untuk kita tahu ketika melaksanakan tugas itu harus tahu dulu apa yang harus kita lakukan. Tapi pahami dulu tugasmu dalam pemilihan kepala desa apa yang harus dilakukan apa yang tidak,” tambahnya.

Baca Juga:  Penipu Via Telepon Digagalkan Kapolres Humbahas, Modusnya Ngaku dari Polres

Tidak kalah pentingnya, Kapolres Bengkayang minta untuk menjaga keamanan negara.

“Sebisa mungkin selesaikan permasalahan-permasalahan supaya tidak terjadi konflik. Penegakan hukum itu opsi terakhir apabila tindakan kita secara mediasi tidak bisa dilaksanakan. Saya minta dalam Pilkades rekan-rekan harus utamankan mediasi selesaikan dulu baik-baik,” tuturnya.

Di akhir amanatnya, Kapolres Bengkayang meminta seluruh personel yang melaksanakan pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk netral dengan tidak memihak kepada salah satu paslon.

“Saya tidak mau dengar rekan-rekan ada berpihak kemudian masuk medsos, itu menjadi suatu pandangan masyarakat yang tidak baik mencederai tugas polisi. Saya minta ini tolong dijaga rekan-rekan di lapangan,” tegasnya.

“Jangan terlihat, kelihatan atau nyata-nyata anda berpihak kepada salah satu kepala desa yang melakukan pemilihan. Anda harus netral, yang penting situasi aman pemilihan Kepala Desa berjalan dengan baik,” tutup Kapolres.

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Kabupaten Bengkayang akan diseleggarakan pada 20 Desember dengan jumlah 180 TPS, 36 Desa dan 12 Kecamatan. [Raden Asmun]

To Top