Nusantara

Dalam Hubungan, Kenali 7 Tanda Pasangan Menghormati Anda

Illustrasi

VoIR Indonesia, Jakarta | Perasaan cinta dalam hubungan asmara perlu dibarengi dengan rasa hormat supaya tidak jadi hubungan yang toksik. Dengan memiliki rasa hormat, seseorang enggak akan melakukan kekerasan fisik, bersikap buruk, tidak menghargai, bahkan menyakiti secara verbal.

Pasangan yang saling menghormati, merupakan kunci hubungan sehat dan langgeng.

Berikut tanda-tanda sikap pasangan yang dilandasi rasa hormat.

1. Menjadi pendengar yang baik

Menurut Thomas Gagliano, seorang pekerja sosial dan penulis The Problem Was Me, mendengarkan apa yang Anda katakan, menghargai, dan memahami setiap topik pembicaraan dilakukan untuk memvalidasi dalam sebuah hubungan asmara. Dilansir Fatherly, pasangan yang sehat tahu bahwa menghormati satu sama lain bisa membantu meminimalisir konflik alih-alih melakukan sikap destruktif.

2. Berkata jujur

Kebenaran kadang membuat tidak nyaman, tetapi pasangan yang saling menghormati ialah pasangan yang tidak takut berkata jujur. Menurut Walfish, kejujuran dalam suatu hubungan adalah hal mendasar yang membuat seseorang merasa aman.

3. Menjalankan perannya secara bijak

Sebagai seorang pria yang menghormati Anda, akan tahu saat-saat paling rapuh dan menjalankan perannya secara bijak. Kata Gagliano, dalam beberapa situasi, satu pasangan dapat memberi lebih banyak dan berharap lebih sedikit. Setiap situasi bukanlah kesepakatan 50/50, tambah Gagliano. Selama bisa diandalkan dan bertanggung jawab atas peran masing-masing, bisa jadi tanda hubungan sehat.

Baca Juga:  Otto Hasibuan: MA Nyatakan Peradi Kami Yang Sah

4. Berdebat secara adil

Setiap pasangan pasti akan berdebat atau perbedaan pendapat. Hal ini wajar tetapi pasangan yang baik akan memperlakukan Anda secara hormat bahkan saat ia sedang marah. Artinya, ia tidak mengucapkan kalimat kasar, tidak melakukan kekerasan fisik, tetapi lebih mendengarkan dan memahami sudut pandang Anda serta sebaliknya.

5. Tidak terobsesi menjadi ‘pemenang’

Ketika pasangan saling menghormati, mereka dapat menerima kesalahan demi menjaga keseimbangan yang sehat. Menurut Gagliano, pasangan yang sukses tahu bagaimana berdebat secara sehat tanpa terobsesi menjadi ‘pemenang’ atau merasa yang paling benar. Pasangan yang menghormati Anda akan mengetahui bahwa kedekatan lebih berarti untuk mendapatkan solusi dari masalah.

6. Memberi ruang untuk berkembang

Mendukung dan terlibat dalam perkembangan aspek positif sangat penting bagi pasangan. Apakah pasangan Anda memberi Anda ruang untuk berjejaring sosial, menggeluti hobi, atau mengembangkan diri? Jika ya, artinya pasangan Anda menghargai Anda secara utuh.

7. Menghargai physical boundaries

Seseorang yang mencintai Anda sekaligus menghormati physical boundaries membuat merasa nyaman dan aman. Dilansir Bustle, pasangan yang tahu batasan fisik, tidak akan menyakiti secara fisik, misalnya memukul atau memaksa melakukan aktivitas seksual tanpa consent.

Apakah pasangan Anda menghormati Anda? Sesederhana apapun sikapnya selama dilandasi rasa hormat, akan berkontribusi membangun hubungan asmara yang sehat. [Red]

To Top