Nusantara

Forum Jurnalis Batak (Forjuba) Dideklarasikan

Foto bersama Dewan Penasehat dan Pengurus Forjuba Masa Bakti 2021-2026 (Foto: Istimewa(

VoIR Indonesia, Jakarta | Sejumlah jurnalis dari berbagai media di DKI Jakarta mendeklarasikan Forum Jurnalis Batak atau Forjuba di Sopo Marpingkir, Jakarta Timur, Kamis (09/12/2021).

Selain acara deklarasi, juga dilakukan pelantikan pengurus Forjuba untuk masa bakti 2021-2026.

Menurut Ketua Umum Forjuba Jamida H. Pasaribu dalam sambutannya, tujuan dibentuknya Forjuba untuk membangun kebersamaan dan sinergitas.

“Kita berharap sesama jurnalis Batak dapat terus terbangun kebersamaannya yang dapat kita sinergikan dengan oganisasi atau komunitas Batak yang ada, serta lembaga pemerintah dan pihak swasta,” kata Jamida.

Selain itu, Jamida juga menyoroti banyak jurnalis Batak dianggap tidak jelas dan cenderung mendapat stigma miring di tengah-tengah masyarakat.

“Yang penting kita bangun kebersamaan lewat talenta masing-masing sesuai kebutuhan masyarakat,” ungkap Jamida.

Jamida bilang kalau dirinya sudah 40 tahun bergelut di bidang jurnalis atau wartawan. Kalau sendiri, gaungnya kurang tapi kalau dilakukan bersama-sama lewat kemampuan masing-masing melalui Forjuba, tentu dampaknya lebih besar terutama dalam memberikan informasi atau masukan kepada semua stakeholder.

Bersama Bupati Taput Nikson Nababan (baju putih baris depan)

Wartawan senior Harian Sinar Indonesia Baru ini juga mengingatkan bahwa Forjuba tidak akan terlibat dalam politik praktis dan sara. Ia mempersilahkan para pengurus dan anggota menggunakannya sesuai hati nurani masing-masing.

Salah satu program Forjuba ini ke depan, kata Jamida, akan melakukan diskusi-diskusi inspiratif untuk memberikan kontribusi ide maupun pemikiran terhadap pembangunan Indonesia, termasuk pembangunan di Sumatera Utara.

Baca Juga:  Aksi Cepat Bupati Samosir Atasi Krisis Air di Lahan Pertanian Warga Palipi

Diskusi dimaksud contohnya dengan mengundang para narasumber yang bukan hanya tokoh Batak saja tapi juga dari luar Batak yang mengerti budaya dan adat Batak seperti Ir. H Soekirman mantan  Bupati Serdang Bedagai yang dikenal sangat mengerti dan memahami adat dan budaya Batak.

Dalam sambutannya, Jamida juga menyampaikan bahwa saat ini yang dilantik adalah pengurus inti dulu.

“Untuk kepengurusan lainnya akan dibicarakan kemudian,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu, selain deklarasi dan pelantikan pengurus, dilakukan peluncuran atau launching Forjuba TV yang saat itu acara deklarasi dan pelantikan dapat disaksikan secara live streaming lewat You Tube Channel Forjuba TV.

Berikut Dewan Penasehat dan Pengurus Forjuba Masa Bakti 2021-2026:

Dewan Penasehat: Drs. Ch. Robin Simanullang (Ketua); Ludin Panjaitan, Nikolas S. Naibaho, Jonro I Munthe, S.Sos, dan Tony Rons Hasibuan.

Pengurus Harian: Ketua Umum Jamida H. Pasaribu; Wakil Ketua Umum Drs. Darwin Situmorang, M.Si; Sekretaris Umum Hotman J. Lumban Gaol, S.Th, M.Th (Hojot Marluga); Wakil Sekum Edo Panjaitan; Bendahara Umum Rifal Banjarnahor; Wakil Bendahara Mula Parna Sitanggang.

Selain dihadiri puluhan jurnalis dari berbagai media, turut hadir antara lain Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan, M.Si (yang sebelumnya pernah berprofesi wartawan), Edwin Pamimpin Situmorang, SH, MH (mantan Jaksa Agung Muda Intelijen), Ir. Sintong M. Tampubolon (Ketua Umum Batak Center), Ir. H. Soekirman (Mantan Bupati Serdang Bedagai 2013-2015, 2016-2021, secara daring), dan Joyce Sitompul Br. Manik seorang perancang busana dan aktivis budaya Batak. [Red]

To Top