Keamanan

Pelantikan Forum Kader Bela Negara (FKBN) DKI Jakarta di Wisma Kemhan Matraman

Foto bersama (Foto: Gatot)

VoIR Indonesia, Jakarta | Forum Kader Bela Negara atau FKBN, ormas dibawah binaan Kementerian Pertahanan RI baru saja melantik pengurusnya.

Acara pelantikan pengurus FKBN DKI Jakarta beserta Banon LBH, Satuan Reaksi Cepat (Satraipat) dan Kartini yang merupakan pengembangan sayap dari FKBN DKI itu sendiiri.

Selain acara pelantikan, dilanjut dengan sesi pembekalan di Wisma Kemhan, Matraman, Jakarta Timur.

Acara ini diketuai oleh H. Amir Akbar dan dihadiri oleh Mayjen TNI (Purn) Adi Sudaryanto, Laksda TNI (Purn) Bambang Sutrisno, Kepala Kesbangpol DKI Taufan Bakri, Kolonel Laut (P) I Nyoman Bagus. Wibawa, Kolonel Zulkiffli Muis, Kolonel Pnb Amirudin Laope, Letkol CHK Hendra, Angga Rahadian Tirta Wijaya, beserta tamu undangan penting lainnya.

Upacara pelantikan dimulai pukul 09.00 pagi dan berjalan khidmat dan lancar.

Anggota FKBN Gatot yang juga seorang Jurnalis (kiri) bersama Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri (kanan)

Usai pelantikan dilanjut sambutan Ketua Panitia H. Amir Akbar dan KASATWAS FKBN Mayjen (Purn) Adi Sudaryanto serta Kasubdit Lingkim Ditjen Pothan Kemhan RI Kolonel Amiruddin Laupe.

Kemudian, acara sesi kedua dilanjutkan pembekalan dengan dipimpin oleh moderator Ridwan Harlan. Sesi pertama oleh Drs. Taufan Bakri selaku Kepala Kesbangpol DKI Jakarta.

Kepala Kesbangpol DKI memberikan pembekalan tentang wawasan kebangsaan, dilanjutkan pembekalan kedua oleh Kasubdit Lingkim Ditjen Pothan Kemhan RI Kolonel Amiruddin Laupe membahas tentang Pemahanan Bela Negara.

Baca Juga:  Naikkan NJOP, Walikota Depok Beri Kebijakan Pembayaran 50 Persen

Menurut Kolonel Amiruddin membangun kesadaran bela negara berarti membangun karakter bangsa yang memiliki jati diri, kebanggaan dan semangat kebangsaan Indonesia yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air dan bangsa.

Juga membangun kesadaran bela negara dalam aktifitas masing-masing menjadi cerminan implementasi nilai-nilai bela negara mengingat setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban ikut serta dalam pembelaan negara sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 27 Ayat (3) UUD 45.

“Kesadaran bela negara berarti membangun karakter bangsa yang memiliki jati diri, kebanggaan dan semangat kebangsaan Indonesia yang dilandasi oleh rasa cinta tanah air dan bangsa,” ujar Amiruddin.

Acara dilanjut lagi dengan pembekalan ketiga yaitu dari perwakilan dari Aster Kesdam jaya Mayor Inf Hery.

Dalam paparannya, ia menjelaskan masalah radikalisme kepada para pengurus dan anggota yang hadir.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab kepada narasumber.

Setelah itu, dilanjut dengan pembekalan ke empat dari Kepala BKP FKBN Angga Rahadian Tirtawijaya dan Kepala BKW FKBN DKI Jakarta Mourist Kusoy tentang Keorganisasian FKBN dan mekanisme aturan AD/ART FKBN.

Selesai acara pembekalan keempat, dilanjut acara penutup berupa ramah tamah dengan Ketua BKP dan Ketua DKI beserta seluruh pengurus FKBN. [Gatot]

To Top