Nusantara

Paru-Paru Pria Ini Cedera Serius Gegara Berusaha Capai Nada Tinggi Saat Bernyanyi

Illustrasi bernyanyi nada tinggi (Foto: Dans Media)

VoIR Indonesia, Jakarta | Seorang pria bernama Wang Zhe di China berakhir di ruang gawat darurat setelah memaksakan diri bernyanyi dengan nada tinggi.

Dikutip laman Oddity Central pada Jumat (03/12/2021), pria berusia 25 tahun itu mengalami cedera paru-paru serius.

Kejadian bermula saat Wang Zhe menghadiri pesta ulang tahun seorang teman dan menyumbangkan lagu saat karaoke.

Wang Zhe menunjukkan kemampuannya bernyanyi dengan membawakan sebuah lagu berjudul “New Drunken Concubine”. Lagu itu selama ini dikenal memiliki nada yang tinggi.

Saat bernyanyi, Wang Zhe pun memaksakan dirinya untuk dapat mencapai nada tinggi dalam lagu tersebut.

Namun ketika berusaha mengeluarkan suara tingginya, ia malah merasa sakit yang menusuk di bagian dada. Pada saat itu, ia pun langsung menghentikan nyanyiannya dan rasa sakit tersebut masih bisa ditahan.

Baca Juga:  CBA Sebut Miliaran Rupiah Anggaran Kemerdekaan Pers Tak Jelas

Namun keesokan harinya, Wang Zhe mengalami kesulitan bernapas yang serius. Ia terpaksa dibawa ke rumah sakit keluarganya.

Pada dokter, ia mengaku merasa sakit di paru-paru bagian kanan sepanjang malam setelah berkaraoke.

Ternyata dari hasil rontgen ditemukan, ia menderita pneumotoraks, yaitu kondisi di mana gelembung udara terbentuk di antara dinding dada dan paru-paru.

Dokter menjelaskan, ketika Wang Zhe berusaha keras mencapai nada tinggi saat bernyanyi, ia menggunakan banyak kekuatan yang membuat kantong udara di paru-paru kanannya pecah.

Sehingga menyebabkan kantong udara lebih besar dari satu sentimeter ke dalam rongga dada. Secara bertahap kantong udara tersebut akan menekan paru-paru hingga 15 % dari volume normalnya.

Beruntung, Wang Zhe dapat sembuh total setelah menjalani bullectomy yakni prosedur invasif untuk menghilangkan penumpukan udara di rongga dadanya. [Red]

To Top