Hukum

Kerap Buat Kebijakan Sepihak, Ketua P3SRS Rusunami Menara Latumenten Diminta Mundur

Rusunami Menara Latumenten (Foto: Internet)

VoIR Indonesia, Jakarta | Ketua Pengawas Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) Menara Latumenten yang terletak di Grogol Petamburan, Jakarta Barat Agus Sentosa Cahaya, SH meminta Arsin Sabianos selaku Ketua P3SRS sepatutnya mundur dan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya.

Agus juga meminta seluruh penghuni baik yang berada di unit tinggal dan menetap di Menara Latumenten maupun yang berada di luar Rusunami tetapi mempunyai unit untuk bersama-sama menolak pengurus yang diketuai Arsin beserta kroni-kroninya.

“Sepatutnya Pak Arsin itu mundur dan mempertanggungjawabkan semua perbuatannya,” kata Agus didampingi 5 Ketua RT yang tinggal di Rusunami, serta sejumlah penghuni kepada media di area Rusunami Menara Latumenten, Selasa (30/11/2021).

Menurut Agus, ada 5 hal mengapa dirinya serta sejumlah penghuni termasuk 5 Ketua RT meminta Arsin Sabianos yang juga menjabat sebagai Ketua RW 013 Kelurahan Jelambar Baru itu untuk mundur dan menolak kepengurusan dan kroni-kroninya.

Berikut alasan-alasannya:

  1. Arsin melakukan pemberhentian secara sepihak beberapa pengurus yang tidak sependapat dengan kebijakannya dan kroni-kroninya.
  2. Membongkar lobi Rusunami secara sepihak tanpa dimusyawarahkan terlebih dahulu sehingga mengakibatkan bertumpuknya penghuni yang mau Kembali ke unit masing-masing tanpa memperdulikan bahwa Covid-19 yang masih mewabah dikarenakan penggunaan lift yang hanya memakai 1 tower dengan jumlah 3 lift untuk ribuan penghuni.
  3. Memaksa menerapkan pengenalan wajah tanpa dimusyawarahkan  terlebih dahulu kepada penghuni melalui mekanisme rapat umum dan tanpa diadakan tender sehingga patut dipertanyakan maksud dan tujuannya.
  4. Mendahulukan pembuatan akta jual beli (AJB) hanya kepada pemilik-pemilik tertentu dan tidak dibuka untuk umum dan dilakukan hanya dengan minim informasi sehingga menimbulkan keresahan dan kekurangan informasi bagi Sebagian besar pemilik.
  5. Membentuk sendiri penyelenggara pemilihan baik untuk pemilihan pengurus P3SRS dan pemilihan Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) tanpa mengikuti proses yang ditentukan oleh peraturan baik yang terdapat di Perda maupun di Pergub.
Baca Juga:  Kejari Jakarta Barat Didesak Usut Dugaan Korupsi di Pasar Timbul Tegal Alur Kalideres

Agus juga meminta agar Arsin mempertanggungjawabkan semua perbuatannya melalui audit oleh kantor akuntan publik dan segera bersama-sama dengan dinas dan instansi pemerintah terkait dalam hal ini Dinas Perumahan dan Permukiman Suku Dinas Jakarta Barat dan DKI beserta pengawas menyelenggarakan rapat umum untuk membentuk Panmus.

Agus Sentosa Cahaya merupakan Ketua Pengawas P3SRS berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat No. 5 Tanggal 16 Januari 2019 yang dibuat oleh Notaris Aris Hendrawan Halim, SH. [Tio]

To Top