Nusantara

Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Siap Digunakan untuk WSBK dan MotoGP

Presiden Jokowi resmikan Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Foto: Internet)

VoIR Indonesia, Lombok | Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Internasional Mandalika, di Nusa Tenggara Barat, Jumat (12/11/2021).

Dengan peresmian ini, maka Sirkuit Mandalika dinyatakan siap menggelar ajang olahraga internasional.

Balapan internasional terdekat yang akan digelar yakni kejuaraan World Superbike atau WSBK.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt, juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

“Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike (WSBK) 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” imbuhnya.

Sebelum peresmian, Jokowi sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika. Sang kepala negara menaiki motor Kawasaki W175 hasil modifikasi.

Jokowi mengendarai motornya dengan hati-hati dikarenakan kondisi sirkuit yang sempat diguyur hujan.

Baca Juga:  Ini Rekomendasi GEKIRA untuk Indonesia Raya

Jokowi mengakui sirkuit ini memiliki banyak tikungan tajam, yang sempat menyulitkannya.

“Saya kira banyak tikungan yang tajam sekali, di sini kan ada 17 titik tikungan yang saya kira semuanya sulit untuk saya. Kalau untuk pembalap mungkin nggak ada masalah, tapi untuk saya sangat sulit,” ujar Jokowi.

Dia mengharapkan, sirkuit ini memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB.

Jokowi yakin, perhelatan akbar internasional seperti WSBK dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,” kata Jokowi. [Red]

To Top