Kesehatan

Tips Menyimpan Kopi di Rumah Agar Tetap Segar

Illustrasi (Foto: Aplikasi Super)

JAKARTA – Banyak orang yang bergantung dengan kopi. Seduhan biji kopi menjadi bagian dari rutinitas pagi. Beberapa orang merasa kurang berenergi sebelum meminum secangkir kopi pagi mereka.

Bagaimana menjaga kopi agar tetap segar? Dilansir dari allrecipes, Kamis (09/09/2021), aturan umum penyimpanan kopi adalah menjauhkannya dari cahaya, panas, kelembapan, dan udara.

Wadah kedap udara yang buram, seharusnya berhasil menjaga kopi tetap segar. Pun jika kantong kopi Anda memiliki penutup kedap udara, seperti segel zip-top, maka Anda dapat menggunakannya. Keluarkan udara tambahan dari kantong sebelum menutup segel.

Simpan kantong kopi di tempat yang sejuk, gelap, dan kering, seperti lemari dapur. Jauhkan kopi dari area hangat, seperti oven atau kompor.

Kopi bubuk membutuhkan kriteria penyimpanan yang sama dengan biji kopi utuh, tetapi kopi bubuk lebih cepat basi. Kopi pra-giling bertahan hingga dua minggu, tetapi biji kopi yang Anda giling sendiri mulai basi dalam beberapa hari. Untuk menjaga biji dan ampas tetap segar, giling sebelum menyeduhnya.

Wadah mana yang terbaik untuk menyimpan kopi? Wadah buram dan kedap udara adalah wadah yang ideal untuk kopi.

Wadah logam dan keramik tidak menyerap dan tidak akan menyerap aroma kopi. Wadah kaca adalah pilihan terbaik berikutnya. Wadah plastik tidak ideal untuk penyimpanan jangka panjang, tetapi cukup ideal selama Anda menghabiskan kopi dalam waktu dua pekan.

Namun, biji kopi dan ampas kopi akan kehilangan daya tahannya semakin lama disimpan, atau jika terkena kelembapan, panas, sinar matahari, dan oksigen. Secangkir kopi yang buruk tidak membuat Anda sakit, tetapi akan memiliki rasa dan aroma yang redup.

Kopi pasti bisa dimasukkan ke dalam freezer, tetapi membekukan kopi bukanlah metode penyimpanan yang disarankan.

Baca Juga:  Polres Jakbar Gandeng YTBN Gelar Vaksinasi Anak

Menurut National Coffee Association, penyimbanan yang terbaik adalah mengonsumsi kopi sesegera mungkin setelah biji kopi disangrai. Menyimpan kopi di dalam freezer (atau lemari es) juga dapat membuat kopi menjadi lembap, yang akan menumpulkan rasanya.

Biji kopi akan bertahan selama sebulan setelah disangrai, asalkan disimpan dengan benar. Biji yang melewati masa jayanya akan memiliki aroma pudar dan permukaan berminyak. Kopi bubuk bertahan maksimal dua minggu dalam wadah kedap udara yang buram. Namun, semakin cepat Anda mengonsumsi kopi bubuk, semakin baik.

Tips Membeli Kopi Segar
1. Biji yang lebih baik menghasilkan kopi yang lebih baik. Menghabiskan sedikit lebih banyak di toko kelontong memungkinkan biji yang lebih segar dan rasanya lebih enak.

2. Saat membeli kopi, carilah ampas kopi dalam kantong zip-top daripada kantong yang disegel vakum. Dengan cara ini, tidak perlu repot dengan canister. Kantong zip-top kedap udara, membuatnya sangat baik untuk penyimpanan. (Red/Republika)

To Top