Nusantara

Jalin Sinergitas, PK Bapas Jakarta Barat Gandeng Pemuda Batak Bersatu

Pertemuan PK Bapas Jakbar dengan Ketua didampingi sejumlah pengurus Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Barat melakukan kunjungan silahturahmi sekaligus penjajakan kerja sama ke kantor sekretariat Pemuda Batak Bersatu (PBB) DPC Jakarta Barat, di Kawasan Terminal Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Senin (09/8/2021).

Kunjungan ini diwakili oleh 8 orang Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang diinsiasi oleh Rita Sitanggang selaku PK Madya.

Agenda kunjungan ini adalah untuk mengenalkan tugas dan fungsi Bapas Kelas I Jakarta Barat serta mengenal lebih jauh kegiatan yang dilaksanakan oleh ormas yang diketua Lambok F. Sihombing itu.

Ormas Pemuda Batak Bersatu saat ini telah berdiri di 20 kota besar di wilayah NKRI dan 5 negara di mancanegara. Selain fokus di kegiatan sosial, Pemuda Batak Bersatu juga menyasar pelatihan kewirausahaan bagi komunitas suku batak maupun masyarakat secara umum.

“Saat ini kami telah menginisiasi pelatihan kewirausahaan, salah satunya dalam bisnis makanan, untuk anggota-anggota kami. Termasuk untuk masyarakat umum,” ujar Frenky Purba, Ketua Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat.

Pada kesempatan tersebut, Bapas Jakarta Barat juga mengajak Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat untuk berperan aktif dalam membantu eks Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kembali berintegrasi ke tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  Ini Struktur Pengurus Baru BPC Gapensi Jakarta Pusat Periode 2019-2024

“Selama ini saya melihat bahwa PBB yang aktif dalam kegiatan sosial ini memiliki pengaruh positif ke masyarakat. Oleh karena itu saya ingin mengajak DPC Jakarta Barat untuk melakukan kerja sama dalam hal pembimbingan klien kami sehingga klien kami mendapatkan pengaruh positif tersebut secara langsung,” kata Rita.

Menanggapi hal tersebut, Frenky Purba menyatakan bahwa dirinya serta seluruh anggota DPC Jakarta Barat siap untuk menjalin kerja sama dengan Bapas Jakarta Barat.

“Kami siap menjalin kerjasama dengan Bapas Jakarta Barat,” kata Frenky.

Dalam pertemuan tersebut, Bapas Jakarta Barat berharap dapat melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan DPC Jakarta Barat pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti.

Selain Frenky Purba, turut hadir dari DPC Jakarta Barat yaitu Ronal Sihotang Penasehat, M. Sibuea Wakil Ketua, Bendahara Minarti Situmorang dan Sahman Sitio, Humas W. Sijabat, Panglima Cabang Bunde Siagian serta sejumlah pengurus lain. (**)

To Top