Nusantara

Bang Oding Sebut Betawi adalah Suku Asli di Jakarta, Ini Penjelasannya

Bang Oding, Ketum Bamus Betawi (Foto: Istimewa)

JAKARTA | Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus) Betawi 1982 Haji Zainuddin atau kerap dipanggil Bang Oding mengatakan bahwa etnis atau suku adalah satu kesatuan kelompok masyarakat berdasarkan kesatuan bahasa, budaya dan asal usul.

Menurut Bang Oding, suku Betawi telah ada di Jakarta sejak ribuan tahun yang lalu dan telah mewarisi bahasa, budaya dan adat istiadat yang asal usulnya berakar dan bersumber dari nenek moyang.

Sampai saat ini, warisan tersebut masih terpelihara dengan baik dan hidup berkembang di tanah Betawi dan Jabodetabek dan menempati urutan ke-5 di Indonesia.

Baca Juga:  Prabowo Subianto Akhirnya Menjadi “New Hope” Rakyat Indonesia

Bang Oding menjelaskan, dalam bahasa Inggris tertulis etnic yang artinya dalam bahasa Indonesia etnis atau suku. Kalau ada yang mengatakan Betawi bukan suku hanya baru sebatas etnis sama dengan saat ditanya, “apakah ini kopi hitam?” Jawabannya, “Bukan, ini black coffee,” ha ha ha.

Untuk tidak membuat kesalahan fatal tentang pemahaman ini, kata Bang Oding, maka perlu pembenahan ormas betawi agar dipimpin oleh orang Betawi asli dalam konteks menjaga kemurnian tatanan bahasa, budaya dan adat istiadat Betawi. (Red)

To Top