Nusantara

Makin Dekat Masyarakat, Anggota Polda Banten Punya Rumah Sekitar Warga

Kapolda Banten (kedua dari kiri) dan rombongan sedang meninjau perumahan yang siap huni untuk anggota (Foto: Humas)

BANTEN – Anggota Polda Banten semakin dekat dengan masyarakat. Pasalnya, dalam program 2021 ini, sebuah perumahan dibangun bakal dihuni personil Polda Banten di sekitar lingkungan warga Kota Serang, Provinsi Banten.

Kapolda Banten, Irjen Pol Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugroho menyampaikan lauching perumahan tersebut akan dilakukan oleh kapolri pada Jumat, 4 Juni 2021 mendatang.

“Perumahan itu akan dilaunching oleh kapolri pada tanggal 4 Juni 2021 mendatang,” katanya kepada media, Jumat (28/5/2021).  

Kata Kapolda, sebelumnya Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo akan meresmikan Gedung Presisi Malpolresta Tangerang yang berlokasi di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang pada Senin, 31 Mei 2021.

Kapolda yang didampingi Karo SDM Kombes Pol Arif Fajarudin dan Kabid Humas Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan pembangunan perumahan bagi anggota dan PNS yang bekerja di Polda Banten itu bekerja sama dengan pengembang dua perusahaan pengembang atau developer yakti PT. Dwi Griya Sejahtera dan PT Bumi Berkah Hijau.

Disampaikan, total jumlah rumah yang akan dibangun terkhusus di wilayah hukum Polda Banten sebanyak 3.155 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 642 unit sudah siap huni terdiri dari tipe 21/72, 29/60, 30/60, 30/72 dan 36/72 dengan luas lahan 60,1 hektar di tiga lokasi yaitu di Kelurahan Unyur Kecamatan Serang, lalu Kelurahan Sepang Kecamatan Taktakan, dan Kelurahan Tegalsari Kecamatan Walantaka Kota Serang.

Baca Juga:  Ribuan Masyarakat Kalbar Tumpah Ruah ke Jalan Saksikan Pergantian Malam Tahun Baru 2023

Kombes Pol Arif menambahkan saat ini jumlah anggota Polda Banten dan Polres/ta dan jajaran tercatat sebanyak 7.250 personil. Sebanyak 32.56% atau sekitar 2.631 personil bertugas di Mapolda Banten dan selebihnya bertugas di Polres/ta jajaran yang tersebar di polsek-polsek.

Menurut Arif, berdasarkan data yang ada, belum semua anggota/PNS Polda Banten memiliki rumah sendiri.

“Sebanyak 1.018 personil belum punya rumah sendiri. Mereka rata-rata ngontrak, kost atau masih tinggal bersama di rumah orangtua,” kata Arif.

Sementara itu, Kapolda Banten melalui Kabid Humas Edy Sumardi menyatakan dengan adanya perumahan yang dibanderol dengan harga terjangkau ini, diharapkan anggota Polri dan ASN  dapat mempunyai rumah sendiri.

Ia menambahkan salah satu kemudahan yang diberikan untuk mendapatkan rumah ini, konsumen boleh meminjam uang muka dari developer sebagai Down Payment (DP) kepemilikan rumah pertamanya, selanjutnya dengan kepemilikan rumah sendiri maka personil Polri dapat fokus dalam pelaksanaan tugas.

“Melalui cara ini, mereka tidak perlu lagi memikirkan kewajiban untuk membayar uang kontrakan atau kost,” ujar Kabid Humas Polda Banten.  

Kemudian yang diharapkan Edy Sumardi, dengan kehadiran anggota Polri di lingkungan masyarakat akan semakin mendekatkan atau mempererat hubungan Polri dengan masyarakat khususnya di lingkungan tempat tinggal mereka.

Kapolda Banten melalui Edy mengatakan kebutuhan papan atau perumahan untuk personil Polri akan dipenuhin secara bertahap. (**)

To Top