Nusantara

Pemprov DKI Perpanjang PPKM Mikro Hingga 31 Mei

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta (Foto: Internet)

VoIR Indonesia – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM mikro hingga 31 Mei mendatang.

Keputusan ini diambil untuk mencegah potensi terjadinya lonjakan kasus Covid-19 usai libur Lebaran 2021. 

“Sesuai Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 615 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2021,” ujar Anies, Selasa (18/5/2021). 

Kendati demikian, Anies menegaskan, tidak ada pelarangan orang masuk ke Jakarta. Tetapi, bagi pemudik yang memasuki wilayah Ibu Kota wajib dilakukan skrining di pintu masuk menuju Jakarta dan lingkungan tempat tinggalnya. 

“Saya ingin garis bawahi, kebijakan Jakarta tidak pernah melarang orang masuk. Jadi ini bukan pelarangan karena Jakarta bagian dari Indonesia. Siapa saja penduduk bisa datang ke kota mana saja,” katanya.

Menurutnya akan dilakukan dua langkah pengetatan pemantauan pergerakan penduduk yang masuk Jakarta. Pertama skrining di tiap pintu masuk menuju Jakarta bahkan Jabodetabek. Lalu untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan skrining random bagi mereka yang masuk.

“Kedua, ketika sudah sampai di tempat tinggal. Nanti kami ada aplikasi khusus yang digunakan para Ketua RT/RW untuk mereka melapor dua kali sehari atas kondisi di wilayahnya,” ucapnya.

Anies berharap dengan proses skrining ini, mereka yang terdeteksi terpapar Covid-19 dapat langsung isolasi mandiri. Baik di fasilitas kesehatan milik Pemprov DKI maupun Wisma Atlet yang telah disediakan.

Baca Juga:  LSM Penjara Indonesia Depok Siap Awasi Pengelolaan Dana Kelurahan

Selain itu, Anies mengatakan, bagian dari ikhtiar untuk menekan penyebaran virus Covid-19 serta melindungi mereka yang pada lebaran kemarin tidak melakukan perjalanan mudik dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

“Ikhtiar kami melakukan skrining bukan hanya mendeteksi cepat jika ada yang terpapar, juga sebagai ikhtiar untuk melindungi warga Jakarta yang saat lebaran kemarin memilih tidak bepergian. Mereka-mereka yang menaati anjuran pemerintah,” tutur Anies.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah akan kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai 18 hingga 31 Mei 2021.

Airlangga mengatakan, perpanjangan PPKM mikro nantinya akan menekankan pada evaluasi perkembangan kasus setelah Hari Raya dan 3T, sehingga akan dilakukan monitoring dan evaluasi kasus Covid-19 pada masa larangan mudik dan pascamudik. 

“PPKM Mikro akan diperpanjang mulai 18 sampai 31 Mei 2021. Cakupan wilayahnya tetap sama di 30 provinsi dan jenis pembatasan kegiatan masyarakat juga masih tetap sama,” terang Airlangga dalam keterangan pers di Kantor Presiden, Senin (17/05/21). (Tio)

To Top