Tokoh

Mengenal Ronal Sihotang, Pengacara Muda Utamakan Dedikasi dan Loyalitas

Ronal Sihotang, SH., MH. Foto (istimewa)

VoIR Indonesia, Jakarta – Ronal Sihotang, SH., MH merupakan salah satu pengacara muda di DKI Jakarta. Dedikasi dan loyalitas dengan slogan Hadir untuk Melayani, bukan untuk Dilayani adalah bagian prinsip hidup sosok pengacara kelahiran asal Medan, 4 November 1980 ini.

Berkarir sebagai seorang pengacara atau advokat sudah menjadi cita-cita Ronal sejak kecil. Ronal merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan J. Sihotang dan T. Br Sihombing.

Setelah lulus SMU Husni Thamrin Medan tahun 1999, ia kemudian melanjutkan kuliah S-1 Fakultas Hukum di Universitas HKBP Nommensen Medan. Semasa kuliah, ia pernah terdaftar dan aktif di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Usai mengantongi ijazah sarjana hukum tahun 2004, Ronal hijrah ke Jakarta, bekerja sebagai pengacara dan aktif di sejumlah organisasi hukum seperti Serikat Pengacara Indonesia (SPI) terdaftar sebagai anggota DKI Jakarta tahun 2005.

Kemudian, tahun 2007, Ronal terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI untuk wilayah Jakarta Barat. Tahun 2008 ia pernah dipercaya menjabat Ketua LPPH Jakarta Barat di organisasi kemasyarakatan (ormas) Pemuda Pancasila (PP).

Untuk memantapkan cita-citanya menjadi pengacara di Jakarta, tahun 2020, ia melanjutkan studi magister hukum di Universitas Jayabaya, Jakarta Timur dan lulus tahun 2020.

Sebagai advokat yang berlisensi PERADI, ia telah menangani banyak kasus hukum.

Dalam beberapa tahun belakangan, ia dipercaya menjadi pengacara di sejumah kepolisian sektor di wilayah Jakarta Barat.

Disela-sela kesibukannya di Jakarta sebagai pengacara, Ronal juga terjun di dunia politik.

Tahun 2015 sampai sekarang, Ronal aktif di Partai Golongan Karya (Golkar) dan dipercaya menjadi pengurus DPD II Jakarta Barat.

Baca Juga:  Eks Bupati Dairi Master Parulian Tumanggor Terjerat Kasus Ekspor Migor

Tak hanya itu, tahun 2017, ia dipercaya menjadi Sekretaris Jakarta Barat di Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Dan tahun 2020, ia dipercaya lagi menjabat Biro Hukum DPD I DKI Jakarta di Badan Pemenangan Pemilu (BAPILU) Partai Golkar.

Tahun 2019, Ronal ikut serta maju menjadi Caleg Pemilu dari Partai Golkar dari daerah pemilihan (dapil) 9 Jakarta Barat dengan nomor urut 11. Dengan memperoleh suara sebanyak 2.010, KPU mengumumkan Ronal tidak lolos menjadi wakil rakyat DPRD DKI Jakarta.

Perjalanan dan proses hidup yang dialami di Jakarta inilah yang membuat Ronal bertekad kuat untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama manusia, hadir untuk melayani, bukan untuk dilayani.

“Saya belajar dari kerasnya kehidupan yang telah saya lalui yang sedikit banyaknya membentuk karakter saya, mengadu nasib dirantau, semua itu memberi semacam nasehat kehidupan bahwa kerja keras merupakan kata kunci untuk meraih sukses. Spirit itulah yang mendorong saya selalu bekerja melayani dan bukan dilayani,” kata Ronal.

Ronal menikah dengan Natalany Yohana Hutauruk. Tuhan menganugerahi mereka tiga orang anak yakni Josephine Hartati Sihotang, Judika Enrico P. Sihotang dan Jocelyn Naro Sihotang.

Lahir sebagai darah Batak, Ronal tentu tak ingin meninggalkan jati dirinya sebagai keturunan bangso Batak.

Ia aktif sebagai anggota di perkumpulan marga istrinya, Perkumpulan Marga Hutauruk di wilayah Jakarta Barat, dan di Perkumpulan Marga Sihotang wilayah Jakarta Barat sebagai anggota.

Tak hanya itu, di ormas nasional Paguyuban Pemuda Batak Bersatu DPC Jakarta Barat, Ronal dipercaya menjabat Kepala Divisi (Kadiv) Bidang Hukum dan HAM. (*)

To Top