Nusantara

Pemuda Batak Bersatu PAC Kembangan Bantu Petugas Pemakaman TPU Tegal Alur sebagai Garda Terakhir Covid-19

Penyerahan bantuan sembako dari PAC Kembangan diserahkan oleh Ketua PAC Kembangan Donald F Bakkara (baju merah tengah), didampingi Ketua DPC Masrin Marbun (baju merah ujung) dan Satgas PAC Kembangan Johanes Nadeak (baju merah paling depan), Sabtu (18/7/2020). Foto (PAC Kembangan)

JAKARTA, VoIR Indonesia. Pandemi covid-19 yang terjadi di Jakarta sejak Maret 2020, membuat jumlah pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat meningkat.

Sejak ditetapkan sebagai tempat pemakaman khusus covid-19, petugas sebagai garda terakhir covid-19 harus bekerja secara ekstra. Pasalnya, jika melihat berita di media cetak maupun elektronik, kesan virus corona yang menakutkan cukup menghantui pekerja penggali makam.

Semangat dan totalitas para petugas pemakaman ini mendapat perhatian khusus dari organisasi masyarakat Pemuda Batak Bersatu, terutama Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kembangan Jakarta Barat dengan memberikan bantuan sembako bagi petugas pemakaman di TPU Tegal Alur, Sabtu (18/7/2020).

Pengurus DPC dan PAC Kembangan bersama petugas pemakaman TPU Tegal Alur, Sabtu (18/7/2020). Foto (PAC Kembangan)

Ketua PAC Kembangan Donald F Bakkara sebelum menyerahkan bantuan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para penggali kubur dan semua pihak yang bertugas memakamkan jenazah covid-19.

“Tugas bapak-bapak sangatlah mulia. Seolah tak pernah lelah membantu memakamkan jenazah para korban covid-19 dengan layak. Tapi kadang keberadaan bapak-bapak luput dari perhatian kami sebagai masyarakat biasa. Padahal pekerjaan kalian juga sangat beresiko,” kata Donald didampingi pengurus dan anggota PAC Kembangan sekitar 20 orang.

Karena itu, lanjut Donald, Pengurus dan Anggota Pemuda Batak Bersatu (PBB) PAC Kembangan memberikan bantuan sembako sebagai bentuk kepedulian terhadap para petugas di TPU Tegal Alur.

Baca Juga:  Kondisi Jalan 56,4 Miliar Ini Sangat Buruk, Tim Polda Kabar Tidak Temukan Kerugian Negara

“Kita tidak boleh mengabaikan keberadaan mereka (para penggali makam),” imbuh Donald.

Menurut Muhadi, selaku Humas Pengamanan Dalam (Pamdal) TPU Tegal Alur  yang mewakili TPU Tegal Alur, pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Batak Bersatu, terutama PAC Kembangan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemuda Batak Bersatu khususnya PAC Kembangan yang telah memberikan perhatian dan bantuan sembako untuk kami yang bertugas memakamkan jenazah-jenazah covid-19. Bantuan ini sangat berguna bagi kami,” kata Muhadi yang juga menyebut ada sekitar 80 orang petugas pemakaman di TPU Tegal Alur.

Kata Mudai, langkah PAC Kembangan ini bukti masih ada ormas yang peduli terhadap upaya penanggulangan corona dan menganggap persoalan covid-19 adalah tanggung jawab bersama.

Apa yang telah dilakukan PAC Kembangan lanjut Muhadi, bisa menjadi contoh dan role model bagi ormas lain untuk peduli terhadap sesama yang sedang membutuhkan saat ini.

Ketua DPC PBB Jakarta Barat Masrin Marbun yang ikut mendampingi pengurus PAC Kembangan mengungkapkan pemberian bantuan sebagai bentuk perhatian Pemuda Batak Bersatu terutama PAC Kembangan kepada petugas pemakaman yang menjadi garda terakhir atau terbelakang penanganan covid-19.

“Semua penting di mata Tuhan. Semua wabah sesuatu yang tak kita harapkan. Sikap kita harus siap. Garda terakhir penjaga makam semoga diberi kekuatah oleh Tuhan hingga wabah covid-19 dapat pergi dari bumi Indonesia,” kata Masrin. (*)

To Top