Nusantara

Kopi Kong Utjok di Jakarta Barat, Tawarkan Ketenangan dan Homey

Kong Utjok yang terletak di Jakarta Barat menawarkan ketenangan dan homey. Foto (Kong Utjok)

JAKARTA BARAT – Menikmati secangkir kopi di sela-sela kesibukan memang kini sudah menjadi gaya hidup. Tak terkecuali di Jakarta Barat, yang kian hari kian banyak kedai kopi dengan ragam ciri khasnya.

Kini, daerah yang terkenal dengan peninggalan masa kolonial Belanda itu punya banyak alternatif kedai kopi yang bisa Anda cicipin tentu sesuai sajian cita rasa unik andalan mereka dan suasana tempat yang ditawarkan.

Salah satu kedai yang banyak direkomendasikan netizen penggemar kopi ialah Kopi Kong Utjok, salah satu kedai kopi yang mengusung konsep ketenangan dan homey terletak di Jalan Mesjid Nurul Huda RT 002/RW 01 No. 31 (Jembatan Baru), Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Lokasinya di seberang Jembatan Busway Jembatan Baru arah Grogol, persis di belakang Kampus STIE Bisnis Indonesia.

Meski bangunannya terlihat biasa saja dari luar, dengan penataan ruang dan pencahayaan yang rapi dan bagus, saat ke dalamnya terasa simple dan tenang. Foto (Kong Utjok)

Meski bangunannya terlihat biasa saja dari luar, dengan penataan ruang dan pencahayaan yang rapi dan bagus, saat ke dalamnya terasa simple dan tenang. Sang pemilik memang merancangnya berkonsep homey dan penuh ketenangan.

“Paling sering komunitas-komunitas yang tidak suka suasana hiruk pikuk datang ke sini. Para pekerja kantoran juga banyak yang datang. Suasananya tambah asyik dengan suguhan musik dengan sound sistem dan pencahayaan terbaik membuat mereka yang datang berlama-lama nongkrong dan ngopi,” ujar Togap Jumittar Tambunan pemilik Kopi Kong Utjok, Sabtu (6/6/2020).

Saat membuatnya kurang lebih setahun lalu, pria yang kerap dipanggil Amani Ernest ini hanya berpikir bagaimana membuat tempat yang nyaman untuk bekerja dan bersantai sambil menikmati kopi seperti dirinya sebagai penikmat kopi.

“Itu yang ada di pikiran saya waktu itu,” katanya menambahkan.

Maka, jadilah sebuah kedai Kopi Kong Utjok yang kini kian menemukan segmen pasarnya.

Kopi favorit yang disajikan di kedainya ialah Bir Koplok, kopi hitam dingin dengan tampilan seperti bir hitam. Foto (Kong Utjok)

Saat penulis berkunjung, terlihat beberapa anak muda serta pekerja kantoran sedang duduk berdiskusi sambil menikmati sajian kopi serta aneka makanan dari Kopi Kong Utjok.

Baca Juga:  Ini Solusi Bijak Rumah Ibadah Hadapi Virus Corona

Kopi Kong Utjok ini menyajikan beragam sajian kopi seperti Esspresso, Americano, Indonesiano, Bir Koplok (kopi lokal), Cappucino, Kopi Oppung, Kopsus Dingin, dan Kopi Tubruk, Affogato, dan lainnya.

Untuk non kopi, tersedia aneka minuman seperti Soft Drink, Lemon Tea, Orange Juice, Milk Shake, Susu Kacang dan jenis minuman lainnya seperti Bir Koplok, dan juga yang tidak kalah disukai yakni Kopi Susu Dingin ala Kong Utjok.

Sementara untuk makanan, Kong Utjok menyajikan Fried Potato, Dim Sum dan Otak-Otak buatan sendiri serta aneka makanan lainnya.

Affogato. Foto (Kong Utjok)

Menurut Togap, kopi favorit yang disajikan di kedainya ialah Bir Koplok, kopi hitam dingin dengan tampilan seperti bir hitam.

Pasti kalian penasaran dengan Kopi Bir Koplok ini kan? Kopi Bir Koplok ini sangat memberikan kesan seperti bir asli. Minuman ini dikemas di dalam gelas bir pada umumnya. Kopi Bir Koplok disajikan di dalam gelas yang berisi bongkahan es batu untuk menambah kesegaran saat diminum.

Ketika dituang, minuman ini tidak seperti bir pada umumnya. Kopi Bir Koplok memang mengandung soda tapi tidak akan berbuih sebanyak bir asli ketika di tuang. Banyak orang menyukai Kopi Bir Koplok ini karena rasanya yang ringan, manis dan menyegarkan serta tidak mengandung alkohol.

Selain itu, ada juga Affogato, minuman sedap atau cara lain menikmati kopi dingin dengan menuangkan esspreso (sarikopi) di beberapa scoop/sendok es cream. Anda dapat memilih rasa, ada vanilla dan duren; Milk Shake dengan tiga pilihan rasa, ada strawberry, coklat dan vanilla.

Komunitas-komunitas menjadi pelanggan di Kong Utjok. Foto (Kong Utjok)

Juga ada Kopi Vanilla dan Mocca yang menjadi minuman favorit karena disuguhkan kekinian dengan memadukan kopi dan rasa lain dengan cara dishake dan disajikan dingin.

Untuk favorit non kopi ialah ada Ropang Utjok. Ropang Utjok merupakan menu hidangan roti panggang yang disuguhkan dengan rasa seimbang antara roti, susu dan isinya coklat dan keju.

Tak hanya cita rasa serta kenyamanan, harga di Kopi Kong Utjok tidak membuat kantong Anda bolong.

Untuk jam operasional, Kopi Kong Utjok ramai dikunjungi pada hari dan jam kerja, mulai siang setelah jam makan hingga malam hari mulai Senin sampai Minggu. (*)

To Top