Nusantara

Jabatan RW 02 Bambu Kuning Berakhir 2019, Kog Lurah Bukit Tempayan di Batam Belum Lakukan Pemilihan Hingga Sekarang?

Plang susunan stuktur ketua RT/RW Kelurahan Bukit Tempayan. Kecamatan Batu Aji, Kota Batam (Foto: VoIR)

Batam, VoIR Indonesia – Lurah Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam Syahrul Bahkry enggan menanggapi pertanyaan VoIR Indonesia perihal kepengurusan ketua rukun warga (RW) 02 Bambu Kuning, Bukit Tempayan, Kecamatan Batu Aji yang telah habis masa baktinya pada 2019 lalu dan sampai sekarang belum melakukan pemilihan.

Syahrul mengatakan tidak adanya peralihan ketua RW di kelurahan yang dipimpinnya karena tengah musibah corona.

“Tak mungkin mengumpulkan warga dan melakukan pemilihan RW di tengah corona saat ini,” kata Syahrul, Rabu (3/6/2020).

Namun ketika ditanya kapan berakhirnya masa jabatan Ketua RW 02 Bambu Kuning, Syahrul mengatakan dirinya tidak bisa memberikan jawaban.

“Silahkan ke camat Batu Aji. Saya tidak bisa memberikan jawaban,” katanya singkat.

Saat mendatangi kantor camat Batu Aji, seorang staf mengatakan camat sedang berhalangan karena ada rapat.

Hingga berita ini diturunkan, Camat Batu Aji, Ridwan tidak membalas pesan konfirmasi yang dikirimkan VoIR Indonesia melalui aplikasi WhatsApp.

Seorang warga Kelurahan Bukit Tempayan yang tidak bersedia namanya disebut mengatakan sangat kesal dengan kepemimpinan Ketua RW 02 Bambu Kuning saat ini.

“Selain tidak melakukan sosialisasi tentang wabah corona, ketua RW yang telah habis masa bakti itupun kurang terbuka dengan warga. Termasuk semangat kegotongroyongan pun tidak terbina di lingkungannya semasa jabatan Ketua RW 02 Bambu Kuning yang dipimpin Dharma Wijaya,” katanya dengan nada kesal menjawab pertanyaan VoIR Indonesia.

Warga tersebut menambahkan masa jabatan Dharma Wijaya telah berakhir pada tahun 2019. Ia bersama sejumlah warga lainnya menampik alasan lurah yang berdalih tidak bisa melakukan pemilihan ketua RW karena wabah virus corona.

Baca Juga:  Bantu Perangi Corona, GEKIRA Sumbang APD ke Sejumlah Klinik di Depok

“Sesuai Peraturan Wali Kota (Perwako) Batam Nomor 24 Tahun 2017, pasal 26 ayat 1, masa bakti ketua RW ditetapkan selama satu periode selama tiga tahun dan dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya paling banyak untuk dua kali periode,” katanya sambil mendesak segera dilakukan pemilihan ketua RW 02 Bambu Kuning.

Warga tadi pun berharap agar lurah mengedepankan kepentingan warga. Tidak ada keberpihakan dan terbuka kepada masyarakat mengapa hingga saat ini belum dilakukan pergantian ketua RW02 Bambu Kuning.

“Sampai detik ini warga sendiri tidak mengetahui apakah diperpanjang atau sudah berakhir, pihak kelurahan pun terkesan menutupinya,” katanya mengakhiri pembicaraan dengan media ini. (Nila)

To Top