Politik

Bentuk Satgas Lawan Covid-19, Pengamat: Dasco Berhasil Memperbaiki Stigma Anggota DPR

Kang Tamil, Direktur Eksekutif TSJ Circle. Foto (istimewa)

Jakarta, VoIR Indonesia – Diketahui bahwa DPR RI membentuk Satuan Tugas (Satgas) Lawan Covid-19 dalam rangka membantu pemerintah guna mempercepat penanganan penyebaran virus corona.

Koordinator Satgas Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pembentukan satgas ini mengunakan iuran pribadi anggota DPR dan bekerja sama dengan para donatur lokal untuk melihat kebutuhan rumah sakit yang menjadi tempat rujukan pasien covid-19.

“Tujuan dibentuknya satgas ini adalah menyambungkan pengusaha atau donatur lokal untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah tersebut,” kata Wakil Ketua DPR RI itu pada konferensi pers di Kompleks Parlemen, Jakarta, 9 April 2020 yang lalu.

Menyikapi hal ini, Pengamat Sosial Politik Nasional Tamil Selvan mengatakan bahwa pembentukan satgas ini mematahkan stigma selfish kepada anggota DPR.

“Ini memecahkan stigma di masyarakat, yang seolah anggota DPR hanya mementingkan kepentingan politik dan kelompoknya semata. Dengan dibentuknya satgas yang terdiri dari anggota lintas partai ini membuktikan bahwa kepentingan politik dikesampingkan di sini,” kata pengamat yang akrab disapa Kang Tamil ini.

Kang Tamil mengatakan bahwa sebagai koordinator satgas Sufmi Dasco berhasil meyakinkan para anggota DPR, untuk bersama-sama memerangi pandemik tanpa agenda pencitraan.

“Saya melihat ini bukan bentuk pencitraan, karena tidak ada satu sosok yang menonjol, saya lihat semua sama dan bahu membahu. Yang menjadi fokus saya, Dasco memiliki kepercayaan dari para anggota lintas partai. Sebab saya kira tidak mudah untuk mengumpulkan mereka dalam suatu kelompok, apalagi dengan iuran gaji masing-masing. Nah di sini dia (Dasco) berhasil,” papar pria penikmat kopi Sidikalang ini.

Baca Juga:  "Tunjukkan Hormatmu Kepada Kiai"

Di sisi lain, dirinya membandingkan kesigapan satgas ini dalam melawan corona dengan polemik di tubuh stafsus presiden yang berindikasi mengedepankan kepentingan pribadi.

“Saya kira masyarakat sudah sangat jeli menilai, dan ini membuat nama baik DPR kembali terhormat. Jika dibandingkan dengan langkah stafsus presiden yang seolah memerangi corona tapi mengedepankan perusahaan miliknya pribadi,” kata Kang Tamil kepada VoIR Indonesia, Kamis (23/04/2020).

Kemudian Kang Tamil mengatakan jika langkah pembentukan satgas ini diikuti oleh seluruh DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia maka dirinya yakin hal ini akan membantu mempercepat Indonesia keluar dari masa sulit akibat corona.

“Hal ini bisa menjadi prototipe untuk diikuti oleh seluruh DPRD se-Indonesia. Apalagi ini memasuki bulan Ramadhan, saya kira jika seluruh pihak bergerak secara simultan, kita bisa segera keluar dari kondisi ini,” ujar Kang Tamil. (*)

To Top