Politik

Ahmad Riza Patria Terpilih Jadi Wagub DKI Jakarta, Ini Profilnya

Foto: Ahmad Riza Patria (Ari Saputra/detikcom)

Jakarta, VoIR Indonesia – Pemilihan wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta dilakukan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Ahmad Riza Patria terpilih menjadi Wagub DKI Jakarta.

Ahmad Riza Patria unggul dibanding pesaingnya Nurmansjah Lubis dengan 81 suara.Dia diketahui berasal dari Partai Gerindra. Sementara Nurmansjah Lubis berasal dari PKS hanya mendapat 17 suara.

“Ahmad Riza Patria dengan perolehan suara 81,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Ahmad Riza Patria dipanggil sebagai nomor urut satu. Sedangkan nomor urut dua yakni Nurmansjah Lubis.

Sebelumnya, tidak semua anggota DPRD DKI Jakarta memiliki suara. Sebagian besar anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta tidak mendapatkan hak suara.

Penyebabnya, sebagian besar dari mereka datang terlambat dari waktu yang ditentukan yakni pukul 10.00 WIB. Hanya dua anggota PSI yang menjadi saksi yang bisa memilih.

“Fraksi PSI delapan orang dianggap telat,” kata kata Prasetyo.

Akhirnya, rapat dilanjutkan dengan penambahan jumlah anggota pemilih yaitu 100 orang. Semua anggota DPRD DKI Jakarta yang ikut memilih menggunakan masker.

Proses pemilihan dilakukan dengan memperhatikan aturan physical distancing. Anggota DPRD DKI Jakarta yang menggunakan hak suara tidak boleh berdekatan.

Baca Juga:  Eks Bupati Dairi Master Parulian Tumanggor Terjerat Kasus Ekspor Migor

Berikut profil Riza Patria.

Lahir
Riza Patria lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada 17 Desember 1969.

Pendidikan
Riza Patria tercatat lulusan S1 Teknik Sipil ISTN tahun 1989 hingga 1997. Dia juga melanjutkan pendidikan S2 Master in Bussines Administration, ITB Bandung, pada tahun 2004 hingga tahun 2008.

Karier dan politik
Riza Patria merupakan politikus Partai Gerindra. Dia sudah dua periode terpilih menjadi anggota DPR. Riza menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi 2 DPR-RI pada periode 2014-2019. Saat itu, Riza mewakili dapil Jawa Barat 5 yang meliputi Kabupaten Bogor. Dia juga menjabat Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI 2014-2019.

Riza terpilih kembali menjadi anggota DPR-RI Periode 2019-2024 melalui Partai Gerindra setelah memperoleh 54.528 suara. Riza mewakili dapil Jawa Barat 3 yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Riza tercatat pernah mengikuti pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi calon Gubernur, Hendardji Soepandji, pada 2012.

Ahmad Riza Patria juga tercatat pernah menjadi anggota KPUD DKI Jakarta tahun 2003-2008.

Pengalaman Wirausaha
Dengan latar belakang ilmu yang dimilikinya sebagai insinyur, Riza pernah menjajaki dunia bisnis. Pada 2001-2015, Riza pernah menjabat Komisaris PT Indoproperti Galaraytama. (onlineindo/news.detik)

To Top