EkBis

Kadin Sumut Minta Tarif RA Diturunkan

Illustrasi. Foto/Bisnis.com

MEDAN, VoIR – Sehubungan dengan kondisi wabah covid-19 yang berdampak kepada ekonomi Sumatera Utara, maka KADIN Sumatera Utara meminta penyesuaian atau penurunan tarif regulated agent (RA) untuk kargo udara domestik dan internasional yang beroperasi di Bandara Sumatera Utara.

Permintaan ini dibuat dalam surat tertulis yang ditandatangani oleh Ketua Umum KADIN Sumatera Utara Khairul Mahalli dan ditujukan kepada pimpinan/penanggungjawab regulated agents yang beroperasi di Sumatera Utara.

Dalam surat tersebut dikatakan bahwa hal ini khususnya untuk mempercepat dan insentif diberikan untuk perdagangan dalam negeri dan ekspor produk Sumatera Utara melalui kargo udara.

Baca Juga:  Berpotensi Ganggu Ekonomi, Ketum Kadinsu Minta Polemik di Pemprovsu Dihentikan

Sebagai informasi, RA adalah badan hukum Indonesia yang melakukan kegiatan usaha dengan badan usaha angkutan udara yang memperoleh izin dari Dirjen Perhubungan untuk melaksanakan pemeriksaan keamanan  terhadap kargo dan pos.

Kewenangan RA adalah sebagai pelaku tunggal dalam pemeriksaan keamanan kargo dan pos setelah memperoleh izin dari Dirjen Perhubungan. Masa berlaku izin pemeriksaan keamanan kargo dan pos oleh RA adalah 5 tahun dan dievaluasi setiap tahun. RA berhak memungut tarif atas jasa pemeriksaan keamanan yang diberikan. (*)

To Top